Zona Kehidupan di Laut

Tahukah kamu hewan – hewan di laut hidup berdasarkan kedalaman laut tertentu? Mari kita lebih mengenal megenai zona yang ada di laut. Setidaknya di laut terdapat 5 lapisan, yaitu ada Sunlight Zone, Twilight Zoe, Midnight Zone, the Abyss, dan the Trenches. Perbedaan yang paling mendasar dari lapisan ini adalah mengenai kedalamanna. Selain itu semakin dalam zona tersebut, maka akan semakin sulit untuk dijangkau sinar matahari, jadi semakin dalam akan semakin gelap.

Yuk, kita bahas tentang lapisan tersebut dan kira – kira ada hewan apa saja di sana.

Lapisan Laut

1.Sunlight Zone

Pertama adalah Sunlight zone yang merupakan lapisan terdangkal. Zona ini dimulai dari permukaan hingga 213 meter. Zona ini masih disinari oleh sinar matahari, jadi masih memiliki suhu yang hangat. Selain itu sebagain besar hewan laut berada pada zona ini. Makanan utama hewan laut yang berada pada zona ini adalah photoplankton.

Beberapa hewan laut yang hidup di Sunlight zone adalah hiu, ikan pari, ubur – ubur, bintang laut, kepiting, kuda laut, anemon, udang, kerang, gurita, dan masih banyak lagi hewan – hewan laut yang bisa kita temui pada zona ini.

2.Twilight Zone

Lapisan berkutnya adalah Twilight Zone, yang berada pada kedalaman 213 meter hingga 1 km. Cahaya matahari yang berada pada lapisan ini cukup sedikit, jadi laut tampak redup. Biasanya ikan – ikan bersar berada pada tempat ini untuk mencari makanan.

Selain itu ikan laut yang berada pada zona ini memiliki bentuk yang aneh, seperti ikan lentera, ikan kapak, dan ubur – ubur yang jenisnya berbeda dengan yang berada pada sunlight zone. Beberapa hewan laut yang berada pada zona ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan cahaya (bioluminesensi).

3.Midnight Zone

Semakin dalam maka akan semakin gelap, di Midnight Zone yang berada pada kedalaman 1 km hingga 4 km, zona ini sangatlah gelap, sehingga cahaya yang ada hanya berasal dari hewan laut itu sendiri. Tekanan air yang berada pada zona ini juga cukup besar, yaitu 5.850 pon/ inch.

Namun masih terdapat beberapa hewan laut yang bisa ditemukan pada lapisan ini. Seperti paus sperma yang mencari makan pada zona ini. Selain itu ada juga angler fish, ikan tripod, teripang, black swallower, cumi – cumi vampir, dan masih banyak lainnya.

 4.Abyssal Zone

Pada Abyssal Zone yang berada pada kedalaman 4 Km hingga 6 km ini, suhu air laut sudah hampir pada titik kisaran 0oC. Tidak ada cahaya sama sekali yang bisa ditemukan pada zona ini. Artinya air laut ini sangat dingin, gelap, dan juga memiliki tekanan yang jauh lebih besar.

Selain itu sangat sedikit maksluj yang berada pada zona ini. Tapi terdapat hewan inverebrata, seperti basket star fish, cumi – cumi kecil, dan lain sebagainya.

5.Trenches Zone

Zona terakhir yang akan kita bahas adalah Trenches Zone yang memiliki kedalaman diantara 6 Km hingga 11 km. Suhu yang ada di tempat ini dapat mencapai titik beku dan terdapat tekanan sampai 8 ton/ inch2. Tekanan ini setara dengan 48 buah pesawat boeing 747.

Meskipun zona ini dapat dikatakan sangatlah ekstrem, nyatanya masih terdapat kehidupan yang berada pada zona ini. Contoh hewan yang berada pada zona ini adalah cacing tabung raksasa, foraminifera, spesies khusus bintang laut, dan masih ada lainnya.

Jadi bagaimana? Menakjubkan bukan kehidupan yang ada di bawah laut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *