Waspada! 5 Hewan Laut Berbahaya di Pantai.

Saat sedang berlibur di pantai, sering kali kita menemukan hewan – hewan yang berada di pantai. Biasanya mereka memiliki bentuk unik yang pastinya berbeda dengan hewan – hewan yang ada di pantai. Terkadang saat melihat hewan – hewan tersebut kita ingin sekali mencoba menyentuhnya. Tetapi tertanya ada beberapa hewan yang bisa membahayakan Anda.

Meskipun terkadang hewan – hewan laut berikut ini memiliki bentuk yang menggemaskan, bukan berati kita bisa dengan sesuka hati menyentuhnya. Karena selain beracun, beberapa hewan ini bisa menyuntikkan racn dan berujung pada kematian.

Berikut ini adalah 5 hewan laut yang wajib untuk diwaspadai ketika sedang berada di pantai.

5 Biota Laut Berbahaya

1.Portuguese Man O’War

Yang pertama adalah Portuguese man o’war merupakan makhluk yang biasa bisa ditemukan pada Samudra Atlantik, India, dan Pasifik. Hewan yang mirip dengan ubur –ubur ini bukanlah makhluk tunggal, melainkan organisme kolonial yang terdiri dari berbagai hewan dan polip, ia tidak dapat bertahan hidup sendiri.

Kamu wajib untuk menghindari hewan ini karena ia dapat menyuntikkan racun kepada korbannya dengan menggunakan tentakelnya. Ini dapat membuat korban mengalami sakit dada, kesulitan bernapas, bahkan sampai kematian.

2.Ubur – Ubur

Meski memiliki bentuk yang mirip, ubur – ubur bukanlah hewan yang kolonial. Hewan ini merupakan organisme tunggal. Ubur – ubur memiliki tentakel dengan sel penyengat mikroskopis yang biasanya digunakan untuk menangkap mangsa atau pertahanan.

Pada umumnya, sengatan dari ubur – ubur membuat rasa sakit dan juga kemerahan. Pada kasus yang lebih serius, sengatannya bisa membuat penyakit serius sampai ke kematian.

3.Anemon Laut

Anemon laut memang hanya tampak diam dan lebih mirip tanaman. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya Anemon laut merupakan binatang? berbekal sel penyengat cnidocyte, mereka dapat menyuntukkan racun dan neurotoksin pada tubuh korbannya.

Biasanya hewan ini tidak menyerang manusia, tetapi ada kasus di mana manusia tersengat oleh tentakel anemon laut, bisa ketika anemon tersebut sedang terdampar di laut atau saat ia masih hidup di laut. Sengatan ini tidak bisa dianggap sepele karena sengatannya dapat menyebabkan kematian.

4.Ikan Pari

Ikan Pari merupakan hewan pipih yang menggemaskan. Pada umumnya ikan ini tidak menyerang manusia, namun jika ia merasa terancam, ia akan menyengat melalui ekornya. Biasanya ia tidak membunuh manusia, namun terdapat beberapa laporan mengenai kematian akibat ikan pari. Seperti kematian konservasionis Australia, Steve Irwin, di tahun 2016. Ia meninggal karena seekor ikan pari yang menusuk dada kirinya.

5.Bulu Babi

Hewan terakhir yang wajib untuk dihindari adalah Bulu babi. Bulu babi sendiri merupakan hewan yang memiliki tubuh bundar dengan duri rajam mengelilingi tubuhnya. Bentuk unik dari bulu babi ini ia gunakan untuk melindungi diri dari para predator seperti berang – berang, belut serigala, dan juga bintang laut. Beberapa dari bulu babi memiliki racun, terutama untuk bulu babi yang berada di daerah tropis.

Itulah beberapa hewan yang berbahaya di Pantai yang wajib untuk dihindari ketika berada di pantai atau mungkin di laut. Meski sudah berhati – hati, tidak ada yang bisa menjamin kalau kita bisa terbebas dari bahaya saat mencoba menyentuh hewan – hewan ini. Sehingga kita sangat wajib untuk sangat berhati – hati ketika sedang berada di pantai.

Semoga ini bisa bermanfaat bagi yang hendak berpergian ke pantai, tetap berhati – hati, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *