JENIS-JENIS TERUMBU KARANG YANG CANTIK DI INDONESIA

Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas lebih dari daratannya. Hal itu membuat Indonesia memiliki ribuan laut yang cantik berikut dengan keanekaragaman hayatinya. Bahkan keindahan yang Indonesia miliki sering sekali mendapatkan apresiasi oleh negara lain.

Gak salah lagi jika Indonesia diklaim bonus slot terbaru menjadi negara yang kaya akan sumber daya alamnya, karena memang begitu adanya. Karena negara kita di apit oleh 2 samudera, membuat ekosistem di bawah lautnya pun sangat banyak.

Indonesia pun terkenal karena memiliki taman laut yang sangat indah dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Di dalam taman laut pun terdiri dari biota laut yang sangat banyak mulai dari spesies hewan-hewan laut dan terumbu karang. Terumbu karang itu sama saja seperti makhluk hidup namun hidupnya di laut dan berfungsi sebagai tempat bagi hewan laut, tumbuhan laut untuk hidup.

Terumbu karang pun memiliki 2 tipe yang berbeda tergantung dari teksturnya apakah lunak atau keras. Terumbu karang yang lunak biasanya mudah ditemukan di pinggir pantai dan tak membentuk karang. Sedangkan yang bertekstru keras, terumbu karang itu akan membentuk batu dan rantang terdahap perubahan. Belum lagi kondisinya yang mudah rapuh, namun terumbu karang inilah yang akan membentuk ekosistem utama di dasar laut.

Nah terumbu karang pun punya berbagai jenisnya loh, mau tau apa saja? Simak ya!

1.Arcopoda Micropthalma

Arcopoda Micropthalma

Terumbu karang yang pertama ini memilik beberapa warna seperti biru, merah, hijau. Biasanya tumbuh sekitar 5 sampai 15 meter dari permukaan laut. Bentuknya pun pendek dan gak terlalu besar serta memiliki aksial koralit yang terpisah. Jika kamu diving ke laut yang dangkal, kemungkinan besar kamu akan menemukan terumbu karang ini. Gak hanya di Indonesia saja, kamu pun bisa menemukannya di daerah Australia.

2.Acropora Elegantula

Acropora Elegantula

Sama seperti terumbu karang sebelumnya, Acropora Cervicurnis ini tumbuh dikedalaman sekitar 5-15 meter. Warnanya cenderung abu-abu dengan sentuhan kuning diatasnya. Populasinya lumayan banyak sehingga jika kamu menemukan terumbu ini akan seperti semak-semak yang berjejer. Jika arus air sedang deras, maka terumbu ini akan menari mengikuti arah air dengan lembut, itulah faktor yang menyebabkan mengapa ukurannya sama rata dan cenderung kecil.

3.Acropora Humilis

Acropora Humilis

Terumbu karang ini dapat hidup di dasar yang lebih dalam yaitu sekitar 35 meter. Bentuknya yang sangat tipis menyerupai pirin, membuatnya mudah rapuh bila terganggu oleh habitat lainnya. Koralitnya pun tumbuh melebar dan biasanya berwarna coklat, abu-abu, ungu dan biru. Terumbu karang jenis bisa bisa ditemukan juga di Australia dan perairan yang dangkal.

4.Acropora Gemmifera

Acropora Gemmifera

Terumbu karang jenis ini bia ditemukan di beberapa wilayah perairan speerti Philipina, Madagaskar, Australia. Karena jenis ini lebih cocok pada perairan yang dangkal dan sering mengalami pasang surut. Warnanya cenderung coklat muda dengan putih di ujungnya. Setiap kolonua cabangnya tebal dan aksial koralitnya memiliki ukuran yang berbeda. Terumbu karang ini bisa ditemukan di kedalaman 5-15 meter.

5.Montipora Aquituberculata

Montipora Aquituberculata

Terumbu karang jenis ini tumbuh lumayan tinggi, ukurannya pun tergantung dari seberapa dalam mereka berada. Jika tumbuh di tempat yang dalam, ukurannya yang dihasilkan akan semakin panjang sementera jika hidup di tempat yang dangkal, ukurannya cenderung lebih pendek. Terumbu karang ini memiliki warna biru atau hijau dan persebarannya cukup luas hingga di Indo-Pasifik, juga biasanya tumbuh di iklim tropis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *