INDONESIA ADALAH SURGANYA TERUMBU KARANG TERBAIK

Seperti yang sudah kita tahu, sebagai warga negara Indonesia harusnya bangga karena negara kita memiliki kekayaan yang sangat banyak dimulai dari kekayaan alamnya yang tak terhingga. Karena disebut sebagai negara maritime, tak heran bila wilayah Indonesia lebih di dominasi oleh daerah laut.

Berbica tentang lautnya, laut-laut di Indonesia pun bisa menjadi primadona bangsa. Kenapa? karena Indonesia terkenal memiliki terumbu karang yang indah. Biota lautnya pun terbilang cukup banyak, karena terdiri dari ratusan karang yang di hidupi oleh banyak speses ikan. Makanya gak perlu liburan ke luar negeri jika kamu ingin melihat kekayaan dalam laut. Jadi bagi kamu yang penasan atau punya hobi diving, coba deh datang ke taman-taman laut dibawah ini, karena dijamin deh pemandangan sangat indah dan kapan lagi bisa melihat surganya terumbu karang di Indonesia.

1.Taman Laut Raja Ampat

Taman Laut Raja Ampat

Raja ampat merupakan tempat wisata yang mejadi warisan negara Indonesia karena diklaim termasuk salah satu laut paling indah di dunia. Hal ini karenakan kepulauan Raja Ampat punya beragam enis flora dan fauna. Hamparan laut yang luas, ditambah lagi kekayaan dibawah lautnya sangat banyak yaitu terdiri lebih dari 500 jenis terumbu karang, 700 lebih jenis moluska, dan masih banyak spesies ikan unik lainnya. Bahkan ada beberapa spesies yang tak bisa ditemukan di taman laut lain seperti Ikan Pari Manta dan Wobbegong.

Papua memang berada di bagian paling timur Indonesia, namun dengan kekayaan alamnya yang tak tertandingi oleh wilayah lain, membuat daerah tersebut menjadi destinasi warga asing untuk melihat surga yang sesungguhnya.

2.Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Sebagai orang Indonesia, pastinya kalian pernah denger yang satu ini kan? Bunaken merupakan pulau kecil yang berada di Sulawesi Utara yang punya pemandangan sangat indah. Gak cuma itu saja, kehidupan di bawah lautnya pun bisa dibilang menjadi surganya terumbu karang. Tempat ini pun menjadi salah satu situs budaya Indonesia yang harus jaga dan lestarikan.

Pesona bawah lautnya pun tak kalah indah dengan di Raja Ampat. Dimana terdapat puluhan jenis terumbu karang yang indah dengan ikan-ikan hidup yang menghiasi biota lautnya. Ekositem lainnya yang bisa ditemukan selain terumbu karang, kamu bisa melihat berbagai jenis mangrove.

3.Taman Laut Wakatobi

Taman Laut Wakatobi

Kalau tadi kita sudah membahas taman laut yang ada di Sulawesi Utara, kini ke beralih dulu ke Tenggara yaitu ada Taman Laut Wakatobi. Wakatobi juga di kenal sebagai terumbu karang terbaik yang bisa kamu nikmati di Indonesia dan tak heran bila tempat ini menjadi objek wisata untuk pecinta diving. Akan ada banyak spesies dan keanekaragaman biota laut disini, seperti berbagai jenis burung laut, berbagai jenis penyu bisa ditemukan disini. Karena biota lautnya yang sangat kaya tak heran tempat ini menjadi favorite untuk objek wisata apalagi bagi pecinta diving.

4. Taman Laut Banda

 Taman Laut Banda

Masih di daerah timur Indonesia tepatnya di Maluku. Kepulauan Banda ini pun gak kalah dengan pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Disini terdapat surga terumbu karang dengan jenis yang berbeda ditambah ada ratusan sepesies ikan dan beberapa ikan hiu. Taman laut ini juga sudah ditetapkan menjadi obejk konservasi perairan nasional. Di tahun 2016 juga, Taman Laut Banda ini menjadi warisan dunia untuk surga taman laut karena keanekaragaman biota yang dimilikinya.

Itulah 4 taman laut yang dimiliki Indonesia dan hampir semuanya pernah dijadikan warisan dunia. Dengan begitu diharapkan kita bisa menjaga dan melestarikannya agar keindahannya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *