Palung Terdalam di Bumi

Jika membicarakan tempat-tempat tertinggi di dunia, mungkin sudah sering kali kita dengar Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi. Tetapi pernahkah memikirkan di mana tempat terdalam yang ada di dunia?

Nah, tempat terdalam di dunia adalah Palung Mariana yang berada di dasar barat laut Samudra Pasifik dan berada tidak jauh dari Jepang. Tetapi ternyata bukan hanya palung Mariana saja loh palung di dunia ini, penasaran? Berikut ini adalah beberapa palung laut di dunia selain palung Mariana.

Palung – Palung di Dunia

1.Cekungan Eurasia

Yang pertama ada cekungan Eurasia yang dibatasi oleh Greenland, Lomonosov Ridge, Laut Kara, Laut Laptev, dan Laut Barents. Cekungan ini memiliki kedalaman 5.449 meter di bawah permukaan laut. Para ahli menyebutkan bahwa cekungan ini dapat dilihat sebagai perpanjangan cekungan Atlantik Utara yang melalui Selat Fram. Diperkirakan kalau cekungan ini mulai tercipta dari 53 juta tahun yang lalu.

2.Lubang Molloy

Molloy Deep, atau lubang Molloy merakan fitur batimetri pada Selat Fram, laut Greenland, sekitar 160 KM dari bagian barat Svalbard. Kedalaman dari pinggiran luar lubang 2.700 m dan bagian paling dalamnya adalah 5.600 m di bawah permukaan laut.

Lantai cekungan yang ada pada lubang Molloy ini memiliki luas 220 Km2 dan merupakan titik terdalam yang ada di Samudera Arktik. Nama Molloy sendiri merupakan nama dari peneliti Angkatan laut AS. Sedangkan orang yang berhasil mencapai dasar dari lubang ini adalah Victor Vescovo, ia menjadi satu –satunya yang berhasil melakukan itu.

3.Palung Diamantina

Berikutnya ada palung Diamantina yang lokasinya berada di barat daya Perth, Australia Barat. Palung ini terbentang 1.900 km dari Ninety East Ridge, hingga ke Naturaliste Plateau. Titik terdalam palung ini berada pada Samudra Hindia dengan kedalamannya yang mencapai 7.079 meter di bawah permukaan laut.

Tetapi ada ahli yang masih kurang meyakini kedalaman palung Diamantina ini, karena ada yang yakin kalau kedalamannya mencapai 8.047 meter di bawah permukaan laut.

4.Palung Sandwich Selatan

Sesuai dengan namanya, palung Sandwich Selatan berada pada kilometer di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, Britania Raya. Ini merupakan parit Arkuata yang dalam pada Samudera Atlantik Selatan. Yang menarik dari palung ini adalah kepulauan Sandwich Selatan merupakan busur vulkanik dengan gunung api yang aktif berada di sekelilingnya.

Panjang dari palung ini sendiri sekitar 965 km dan kedalamannya maksimal 8.266 m dibawah permukaan laut. Pengukuran ini dilakukan dengan menggunakan sonar multibeam Kongsberg EM124.

5.Palung Filipina

Terakhir yang akan kami bahas adalah Palung Filipina yang memiliki nama lain Palung Mindanao. Palung ini merupakan parit di bawah laut yang berada pada sebelah timur Filipina, pada bagian barat Samudera Pasifik Utara dan panjang 1.320 km dan juga lebar sekitar 30 km. Parit ini membentang dari pusat pulau Luzon Filipina ke pulau Halmahera pada Maluku Utara.

Titik terdalam dari Palung Filipina ini adalah 10.540 m di bawah permukaan laut. Diperkirakan kalau palung ini sudah mulai terbentuk sejak 8 – 9 juta tahun yang lalu. Palung ini berada pada urutan ketiga palung yang paling dalam di dunia.

Nah, itulah beberapa tempat terdalam yang ada di bumi. Palung – palung tersebut belum terjelajah dengan baik, karena sulit untuk melawan arus jika semakin dalam palung tersebut. Apakah berminat untuk menjelajah ke bagian terdasar dari palung ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *