Macam – Macam Tumbuhan Laut Aneka Warna

Selain di daratan, di laut juga memiliki berbagai tumbuhan yang menghiasi taman – taman laut. Meski manusia sering kali melakukan ekspedisi dan eksplorasi, tetapi belum cukup untuk menjelajahi sepenuhnya sampai saat ini.

Tapi sudah banyak tumbuhan laut yang bisa manusia temukan hingga saat ini, berikut ini adalah beberapa tumbuhan laut yang Indah dan menarik di dasar laut.

Tumbuhan Indah dan Menarik Dasar Laut

1.Open Brain Coral

Yang pertama akan kami bahas adalah Open Brain Coral yang tumbuhan ini memiliki bentuk seperti orak manusia yang terbelah. Warna yang ada pada tumbuhan ini tampak cerah atau merah muda dan hijau. Mereka tumbuh subur di perairan yang dangkal dan wilayahnya hangat. Biasanya mereka akan makan setelah matahari tenggelam. Makanannya adalah zooplankton dan organise kecil lain.

2.Kelp

Mungkin bagi kalian penggemar kartun Spongebob, sudah familiar dengan namanya. Kelp adalah tumbuhan yang hidup pada temperatur 6 – 14 derajat celcius agar bisa tumbuh dengan baik. Pertumbuhan dari kelp juga bisa dikatakan cepat dan dapat dimanfaatkan organisme lain untuk melakukan kembang biak. Di dalam penelitian, menunjukkan Kelp dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan dan tidak membutuhkan irigrasi. Tetapi karena adanya perubahan pada lingkungan dan polusi, membuat tumbuhan ini semakin langka.

3.Soft Coral

Berikutnya ada tumbuhan laut yang dinamakan dengan Soft Coral karena memang teksturnya yang lembut dan lunak. Tumbuhan ini pada bagian tubuhnya mengandung elemen berduri yang bernama Sclerite. Itu akan menjaga dan melindungi Soft Coral dari predator.

Pada umumnya, tumbuhan ini bertahan hidup pada perairan yang terdapat sinar matahari sedang dan menyediakan habitat untuk siput, ikan, ganggang, dan biota laut lain.

4.Pesidonia

Pesidonia merupakan hewan laut yang memiliki 9 varietas berbeda. Tanaman ini umumnya tumbuh diperairan yang higenis dan sebagai penanda jika perairan tersebut sangat bebas dari polusi. Tumbuhan laut ini merupakan bahan dasar untuk melakukan berbagai produk, seperti chaikones dan flavonolos.

5.Milfoils

Milfoils atau myrophyllum merupakan genus yang terdiri dari setidaknya 69 tanaman air. Bentuk daun dari tumbuhan ini tampak seperti bulu burung, jadi tumbuhan ini kerap kali digunakan ntuk menghiasi akuarium yang isinya ikan air laut. Selain itu tanaman ini memiliki kemampuan untuk bisa mengurangi kadar oksigen di perairan dalam dan meningkatkan lebel sedimentasi.

6.Hyacinth

Tumbuhan laut selanjutnya ada Hyiacinth, sebuah tanaman laut yang memiliki warna indah, seperti ungu atau biru terang. Tanaman yang masuk dalam jenis tumbuhan pengganggu ini menyebar di bawah air dengan mudah dan menyerap oksigen yang terkandung di air, ini membuat tanaman lain disekitarnya akan sulit untuk berkembang biak. Biasanya banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat sampai ke bahan makanan.

7.Waterwheel Plant

Terakhir ada Waterwheel plant yang juga disebut aldrovanda, merupakan tumbuhan laut bersifat karnivora. Hidupnya mengambang pada permukaan laut dan menyukai air bersih dangkal, hangat, dan bisa mendapaykan sinar matahari. Tumbuhan ini memiliki bentuk unik dan indah, tidak ada akarnya, jadi ia bisa hidup mengambang di permukaan air.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai macam – macam tumbuhan laut. Mereka tidak hanya memiliki bentuk yang unik dan juga indah, tetapi beberapa diantaranya juga memiliki manfaat untuk makhluk hidup lain, baik itu biota laut atau pun manusia. Jadi ayo kita jaga kehidupan laut agar anak dan cucu kita masih bisa merasakan manfaat dari tumbuhan – tumbuhan laut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *