Laut Merah Dan Fakta Uniknya

Siapa yang tahu mengenai laut merah yang terletak di Jazirah Arab? Banyak orang yang penasaran mengenai laut ini dari berbagai aspek, termasuk mengenai sejarahnya pada kehidupan Nabi Musa AS. Berbagai pesona yang dimiliki laut ini membuat banyak orang yang mengunjungi tempat ini untuk melihat secara langsung keindahan dari laut ini.

Laut merah sendiri merupakan laut yang memiliki bentuk lebih cenderung memanjang. Ia memisahkan benua Asia dan Afrika dengan beberapa negara, seperti Mesir, Eritrea, Djibouti, Ana Sudan pada sisi Afrika, dan Palestina, Arab Saudi, Yaman, dan Yordania di Asia.

Berikut ini kami memiliki beberapa fakta mengenai Laut Merah yang wajib untuk diketahui.

Fakta Laut Merah

1.Kisah Nabi Musa

Laut merah dipercaya merupakan laut yang Nabi Musa belah atas seizin Allah untuk bisa menyelamatkan kaumnya dari kejaran Fir’aun. Meski terdengar mustahil, tetapi itu memang memerlukan kekuatan dan pengaturan yang tepat sampai hal tersebut dapat terjadi.

Bahkan ada peneliti dari National Centre for Atsmospheric Research dan University of Colorado at Boulder yang membuktikan hal ini dengan permodelan menggunakan teknologi komputer, di mana ia menunjukkan kekuatan ombak dan angin yang dapat menyediakan tanah kering sehingga bisa dilewati oleh Nabi Musa AS dan kaumnya.

2. Iklim

Laut merah memiliki curah hujan yang cenderung sedikit, tetapi kalau dibandingkan dengan peradaban kuno, laut merah sempat mendapatkan curah hujan yang lebat. Sedangkan kalau dilihat secara umum, di Laut merah memiliki musim gugur, musim dingin, musim semi, dan musim panas. Ketika sedang musim panas, di laut merah suhunya bisa mencapai 40o C.

3. Geologi

Pemecahan kerak yang ada pada Laut merah merupakan bagian dari sistem keretakan yang cukup sulit untuk dipahami dan dimengeri. Laut merah sendiri dianggap sebagai laut yang relatif baru dan perkembangannya lebih menyerupai pada Samudra Atlantik di tahap awal.

4. Kenapa Namanya Laut Merah

Laut ini diberikan nama Laut Merah karena warna air laut ini kerap kali berubah pada musim tertentu, yaitu menjadi warna merah. Ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan hal ini, seperti misalnya ganggang laut yang ada di bawah laut merah yang ketika mereka akan mati, maka mereka akan mengubah warna air menjadi cokelat kemerahan.

Tanpa adanya ganggang laut ini, warna dari laut merah akan sama dengan warna laut lainnya.

Lalu ada juga yang mengatakan kalau warna merah ini karena pegunungan Edom yang terletak di sekitar laut merah, karena tanah merah yang ada di pegunungan itu dirasa menjadi penyebab pemantulan warna ke air laut merah.

5. Air Terasin Di Dunia

Meski air laut memang asin, tapi Laut merah dinyatakan merupakan salah satu air laut paling asin serta memiliki suhu yang paling panas di dunia. Penguapan yang tinggi tetapi hujan yang sedikit terjadi di tahun merah.

Ketika terjadi hujan, maka akan terjadi bersamaan dengan petir dan badai debu sesekali. Itu menyebabkan laut merah tidak mendapatkan asupan air yang signifikan. Tetapi meski demikian, ternyata organisme dan karang yang ada di Laut merah cenderung sehat.

Itulah beberapa fakta mengenai Laut merah yang mungkin akan menarik untuk diketahui. Banyak keajaiban yang ada di dunia ini, salah satunya adalah laut merah. Semakin kita tahu maka semakin kita mencintai dunia dan alam kita ini.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *