Keunikan Kuda Laut yang Wajib Diketahui

Jika diperhatikan, bentuk kuda laut memang cukup unik jika dibandingkan dengan hewan-hewan laut lainnya. Kuda laut sendiri merupakan jenis ikan yang berada di laut. Selain memiliki fisik yang berbeda dibandingkan dengan hewan laut lain, tenyata kuda laut pun memiliki keunikan yaitu ternyata spesies jantan dari hewan inilah yang hamil dan melahirkan.

Apalagi sih keunikan yang dimiliki oleh kuda laut? Berikut ini adalah ciri-ciri kuda laut yang wajib diketahui.

Ciri-Ciri Kuda Laut

1.Memiliki Bentuk Mulut yang Unik

Kalau diperhatikan, kuda laut memiliki bentuk mulut yang unik, yaitu menyerupai sebuah moncong. Fungsi dari mulutnya ini adalah untuk mencari makanan dan menyelidiki letak dari makanan tersebut.

Ketika mereka mencari makanan, mereka akan menghisap makanan tersebut dengan menggunakan moncong mereka seperti mesin pembersih debu.

Kalau ternyata mangsanya lebih besar dari moncongnya, maka moncong tersebut akan lebih mengembang. Kuda laut tidak bisa mengunyah makanannya, sebabnya ketika ia menyedot makanannya, itu akan langsung masuk ke dalam tubuhnya.

2. Dapat Melihat 360o

Meski tampak memiliki mata yang kecil, tenyata ia memiliki penglihatan yang sangatlah baik. Bahkan mata yang dimiliki oleh kuda laut bisa bekerja secara independen dari 2 sisi pada kepalanya.

Ini akan memungkinkan kuda laut untuk lihat depan dan belakang dengan waktu yang bersamaan. Tentunya dengan kondisi ini semakin memudahkan kuda laut dalam mencari makanan.

3. Memiliki Tubuh Kecil

Seperti yang kita ketahui bersama, kalau kuda laut memiliki ukurang yang sangatlah kecil. Ukuran yang dimilikinya pun cukup beragam, ada yang berukuran 0.6 inci, 14 inci, 1,5 cm, atau bahkan 35 cm.

4. Berenang Vertikal

Meski ia merupakan hewan laut, ternyata kemampuan kuda laut dalam berenang sangat buruk. Ia bahkan tidak bisa berenang secepat hewan laut lainnya.

Ini karena ia memiliki bentuk tubuh yang tegak, kondisi ini membuat dirinya harus berenang secara vertikal, bukan berbentuk horizontal seperti hewan laut lain.

5.Setia

Hewan laut satu ini adalah salah satu hewan yang sangat setia. Ia akan selalu hidup bersama dengan pasangannya bahkan sampai maut memisahkan.

6. Jantan yang merupakan penghasil keturunan

Ini menjadi salah satu keunikan yang dimiliki oleh kuda laut, di mana jantanlah yang menjadi peghasil keturunan. Hewan ini juga merupakan satu-satunya hewan yang jantannya hamil dan melahirkan.

Ini karena dalam kuda laut jantan, mereka memiliki kantong perut yang digunakan untuk menyimpan telur yang digunakan oleh kuda laut betina meletakkan telur-telur mereka.

Saat telur-telur itu masuk ke dalam kantong perut Jantan, maka akan dilapisi dengan pembuluh darah dan dibuahi oleh kuda laut jantan untuk bisa menjadi embrio.

Proses pembuahan ini akan berlangsung dari 10-40 hari untuk bisa berkembang menjadi bayi kuda laut dengan jumlah ratusan bahkan ribuan.

7. Pandai Bersembunyi

Kuda laut juga merupakan hewan yang pandai untuk bersembunyi dari predator. Ia bisa mengubah warnanya menjadi transparan dan memungkinkan dirinya untuk tidak dilihat oleh para predator.

8. Cerdas

Kuda laut adalah hewan laut yang cerdas, bisa dilihat dari cara dia bersembunyi dari predatornya dengan sangat baik. Karena bentuknya pun sudah menyerupai dengan biota laut lain, seperti terumbu karang.

Biasanya ia akan mengaitkan ekor yang dimilikinya pada terumbu karang, di mana ia kadang memiliki warna yang sama dengan terumbu karang tersebut lalu mulai bersembunyi untuk mengelabui musuhnya.

Nah, itulah keunikan yang dimiliki oleh kuda laut. Bagaimana? Menarik bukan hewan laut yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *