Jenis – Jenis Terumbu Karang di Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki perairan yang luas. Sebab itu terdapat banyak terdapat keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia dan sangatlah bervariasi. Selain itu karena di Indonesia terdapat banyak gunung berapi, ini menjadi salah satu faktor kenapa tanah di negara kita subur. Hal itu membuat jenis flora di Indonesia semakin beragam.

Ekosistem laut Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Salah satu makhluk hidup yang berada di perairan tersebut adalah terumbu karang. Terumbu karang sendiri merupakan sekelompok biota laut yang bersimbiosis dengan tumbuhan laut lain seperti Alga.

Terumbu karang merupakan makhluk hidup yang berada di laut dan memiliki fungsi sebagai habitat makhluk hidup lain di laut. Makhluk ini juga melakukan fotosintesis layaknya yang dilakukan tumbuhan. Jadi terumbu karang juga membutuhkan sinar matahari untuk bisa hidup.

Berikut ini terdapat beberapa terumbu karang yang bisa ditemukan di Indonesia!

Terumbu Karang di Indonesia

1.Acropora Cervicurnis

Terumbu karang satu ini hidup pada kedalaman 3 sampai 15 meter dari atas permukaan laut. Ia memiliki bentuk yang menyerupai semak dengan bentuk yang melebar. Cabang yang ada pada terumu karang ini memiliki bentuk yang horizontal, menyebar, dan tipis.

Acropora Cervicurnis akan bergerak sangat lembut jika terkena arus laut, seperti tampak sedang menari. Memiliki warna abu – abu dan semakin ujung akan semakin berwarna biru muda. Mudah ditemukan di perairan yang dangkal.

2.Acropoda Micropthalma

Kedua ada Acropoda Micropthalma yang juga hidup pada kedalaman 3 – 15 meter. Jenis ini memiliki bentuk bantalan dengan abang yang berukuran pendek dan gemuk, ukuran tiap cabangnya kurang lebih sama. Biasanya terumbu karang ini memiliki warna hijau, merah, biru, atau bahkan jingga.

Acropoda Micropthalma mudah untuk ditemukan pada perairan dangkal Indonesia yang masih bellum terkena polusi.

3.Acropora Humilis

Acropora Humilis merupakan terumbu karang yang hidup di kedalaman 15 – 35 meter. Memiliki bentuk yang menyerupai piring dengan cabang yang tipis. Karena itu terumbu karang ini sangatlah rapuh.

Memiliki warna coklat, hijau, merah muda, abu – abu dan juga biru. Biasa disebut sebagai karang meja, dikarenakan bentuknya yang memang miriip dengan meja. Biasa bisa ditemukan sekitar lereng karang, atau pada perairan Indonesia yang dangkal.

4.Sidesratra Sidereal

Sidesratra Sidereal adalah terumbu karang yang hidup dikedalaman 3 – 15 meter dari permukaan laut. Memiliki bentuk yang datar dan menyerupai kubah. Terumbu ini juga ada yang berbentuk seperti piring terbalik. Warna dari terumbu karang ini beragam, ada yang coklat muda, ungu, atau bahkan memiliki warna yang amat cerah.

Terumbu karang satu bukan merupakan benalu untuk terumbu karang lainnya, tetapi ia memiliki kemampuan untuk tumbuh dengan cepat, jadi dapat mengambil banyak tempat. Bisa ditemukan di lereng karang pada bagian atas.

5.Mentipora Awuituberculata

Terakhir yang akan kami bahas adalah Mentipora Awuituberculata, terumbu karang yang hidup pada kedalaman 3 – 15 meter. Kalau semakin dalam, maka cabang dari terumbu karang ini akan semakin panjang dan juga terbuka. Kalau semakin dangkal maka cabangnya akan semakin pendek – pendek.

Warna dari Mentipora Awuituberculata biasanya coklat, merah muda, biru, atau bahkan hijau. Bisa ditemukan pada lereng karang dibagian atas dan tersebar di negara – negara beriklim tropis.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai terumbu karang, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *