Ikan Hias Laut Indah dan Mudah Dipelihara

Ikan hias memang merupakan hewan yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan adalah menjaga kesehatan jiwa. Melihat ikan dapat membuat kita merasakan ketenangan di dalam jiwa. Seperti menstabilkan tekanan darah, menurunkan kecemasan, Bermanfaat bagi pasien alzheimer atau demensia, menimbulkan rasa bahagia, mengontrol anak yang hiperaktif, meningkatkan kesehatan mata, sampai mempercantik interior rumah.

Selain ikan hias tawar, Anda bisa mencoba merawat ikan hias air laut. Banyak ikan hias laut yang perawatannya cukup mudah untuk dilakukan. Pastinya untuk para pecinta ikan sudah memahami kalau perawatan dari ikan laut tidak semudah merawat ikan tawar.

Tapi jika memilih ikan yang tepat, perawatannya cukup mudah untuk dilakukan, loh. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan air laut yang mudah untuk didapatkan dan dipelihara.

Ikan Laut Mudah Dipelihara

1.Botana Blue Tang

Ikan Botana Blue Tang merupakan ikan yang memiliki nama latin Paracanthurus Hepatus. Ia memiliki tubuh yang didominasi dengan warna biru terang dan sedikit warna hitam abu – abu pada bagian ekornya. Pada beberapa ikan juga memiliki corak kuning pada bagian tubuhnya.

Makanan utama dari ikan cantik satu ini ketika berusia anak adalah plankton, sedangkan saat sudah mulai dewasa mereka akan menjadi omnivora dan memakan algae. Mudah ditemukan bukan makanan dari Botana Blue Tang ini?

2.Yellow Tang

Selain ikan Botana Blue Tang, ada juga ikan Yellow Tang yang masih satu keluarga dengan ikan biru tesebut. Dari mulai bentuk hingga karakter dari kedua ini hampir mirip, hanya warna yang membedakan kedua ikan hias laut ini.

Ikan dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens ini memiliki warna kuning cerah yang indah. Jika ingin memelihara ikan ini, pastikan menyediakan tank dengan volume setidaknya 100 galon, karena Yellow Tang kerap kali berkelahi dengan ikan sejenisnya. Dengan luasnya tank, bisa membuat ikan berenang lebih leluasa dan berjauhan.

3.Butter Fish

Sesuai dengan namanya, ikan satu ini memiliki warna yang mempesona seperti kupu – kupu. Butterfly fish memiliki corak bergaris dan warna yang mencolok indah. Bentuk ikan ini pipih dan bagian mulutnya moncong ke depan.

Ikan ini cukup populer untuk menghias akuarium karena perawatannya yang mudah. Namun setiap subspesies dari ikan ini memiliki persyaratan dan kebutuhan dietnya sendiri – sendiri. Sehingga coba pastikan karakter dari spesies yang akan kamu pilih terlebih dahulu.

4.Blue Devil

Blue Devil merupakan ikan hias yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Warnanya sangat unik dan berbeda dari ikan lainnya. Ikan ini memang seakan memiliki tampang yang jahat, mungkin itu yang melatarbelakangi penamaan ikan ini.

Ikan ini memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dan agak ramping. Corak putih dipermukaan tubuhnya membuat ikan ini semakin memiliki tampilan menarik.

5.Clown Fish

Terakhir ada Clown Fish atau ikan badut yang pastinya sudah sangat familia. Ikan yang menjadi karakter Nemo pada film Finding Nemo ini memiliki warna oranye terang dan putih dengan pola garis hitam membuatnya disebut ikan badut.

Untuk merawat ikan ini pastikan miliki terumbu karang dalam akuarium, karena ikan badut lebih suka tinggal di bawah laut.

Nah, itulah beberapa ikan hias laut yang indah juga mudah dipelihara. Saat merawat ikan pastikan juga suhu air, jangan kurang atau lebih dari 23 – 28 celcius. Pastikan juga Mh sudah sesuai dengan kebutuhan ikan tersebut. Bersihkan juga secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *