Hewan Penghuni Terumbu Karang Yang Cantik

Banyak hewan laut yang memukau kita karena keindahannya, baik yang bertubuh besar maupun yang bertubuh kecil. Di balik itu semua, ikan-ikan ini juga membutuhkan rumah untuk tinggal.

Berikut ini kami memiliki beberapa informasi mengenai ikan yang tinggal di terumbu karang. Kira-kira ada apa saja, ya?

Ikan Tinggal di Terumbu Karang

1.Mandarin Fish

Pernahkan kamu melihat ikan yang memiliki banyak corak dan warna pada tubuhnya? Mungkin kamu sedang melihat Mandarin Fish. Ikan yang memiliki kemiripan dengan kain jubah khas Tiongkok ini merupakan salah satu ikan hias yang paling menjadi incaran karena keindahan warnanya.

Biasanya iikan ini berada pada dasar terumbu karang untuk mencari makanan.

2.Lion Fish

Yang kedua ada Lion Fish, seekor ikan yang asli dari perairan asia pasifik dan suka dengan laut tropis.

Ikan ini memiliki bentuk yang cantik dan loreng surai bermekaran, banyak orang yang terpukau dengan ikan yang merupakan predator beracun ini.

Memiliki warna yang beragam dan juga jenis beraneka ragam pula, tetapi jenis yang paling umum ditemukan adalah uamh berwarna coklat atau merah.

3.Moon Jellyfish

Berikutnya ada ubur-ubur yang bernama Moon Jellyfish. Ia akan memantulkan sinar yang ada pada sekitarnya dan membuat penampakan dari tubuh mereka semakin menawan.

Ubur-ubur transparan ini memiliki peran yang teramat penting untuk ekosistem laut, karena mereka merupakan makanan utama untuk penyu.

Oleh karenanya, keberadaan kantong plastik yang ada di laut akan sangat membahayakan, karena rupanya yang mirip dengan ubur-ubur.

4. Moorish Idol

Moorish Idol dipercaya bisa membawakan kebahagiaan bagi masyarakat Afrika. Itulah kenapa ikan ini memiliki nama Moorish Idol.

Banyak pemburu yang mengincar ikan ini, karena ia memiliki tampilan yang tangguh.

Tetapi ikan ini dianggap aman untuk diperjual belikan, kerena mereka memiliki musim kawin yang berlangsung sepanjang tahun.

5.Bartlett Anthias

Yang kelima ada Bartlett Anthias, hewan cantik yang kerap kali menjadi isi dari akurium karena ia memiliki warna yang teramat cantik.

Biasanya ikan Bartlett Anthias sering kali bersembunyi di sela-sela terumbu karang dan keunikannya adalah ketika lahir ia akan lahir dengan jenis kelamin betina, lalu bisa berubah menjadi jantan.

6.Clown Fish

Sepertinya sudah banyak yang mengetahui mengenai ikan badut yang tinggal di terumbu karang. Tetapi Ikan Badut juga hidup di anemon laut, hewan yang dapat menyengat mangsanya.

Ikan badut dapat beradaptasi dengan anemon, sehingga tidak berbahaya untuk dirinya.

7. Butterfly Fish

Yang ketujuh ada Butterfly fish yang memiliiki warna indah dan memang coraknya mirip dengan sayap kupu-kupu. Biasanya ikan ini didominasi dengan warna putih, abu, kuning, hitam, dan coklat.

8. Palette Surgeon Fish

Ingat dengan teman Nemo dalam film Finding Nemo? Ya, Palette Surgeon adalah jenis dariikan bernama Dori tersebut.

Ikan ini tinggal di sekitar terumbu karang dan membuat terumbu karang sebagai tempat yang aman dari para predator.

Nah, itulah beberapa ikan yang tinggal di terumbu karang. Keindahannya akan terus bertahan jika kita membantu untuk melestarikan tempat hidup mereka.

Jadi mulai sekarang cintailah alam dengan tidak membuang limbah ke laut, karena kelestarian hidup di laut sangat bergantung kepada kelestarian lingkungan, dan khususnya berada pada terumbu karang.

Ayo bersama kita pastikan untuk tidak merusak habitatnya dan menjaganya demi anak dan cucu kita nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *