Hewan Laut Yang Cuma Ada Di Perairan Maumere

Pasca-tsunami 1992, kehidupan laut Maumere telah lagi tertata. Pesonanya yang dikenal sebagai wilayah diving terbaik dunia terangkat lagi. Belakangan, sejumlah pegiat wisata bawah laut dan para fotografer, yang dikoordinasi oleh Muljadi Pinneng, meluncurkan sebuah buku mengenai keindahan bawah laut Maumere. Buku itu berjudul “Sikka Underwater” yang dibuat sambil mengadu keberuntungan di agen sbobet.

Mengenal Hewan Laut Di Perairan Maumere

Di buku itu, Pinneng dan kawan-kawan memaparkan bahwa mereka berhasil menangkap sejumlah biota laut menarik yang hidup di perairan Maumere. Tentu saja layaknya yang kita tau terkecuali wisata air di laut terlepas bersama cara diving akan memicu kita mendapatkan banyak hewan laut. Nah kira-kira di perairan Maumere, apa saja ya?

Hingebeak shrimp atau rynchocinetes durbanensis

Udang ini badannya berulir, punyai warna kemerahan bercampur putih bening. Uliran putih dalam tubuhnya kelihatan menyala dalam kegelapan. Bagian kepalanya menggembung bersama ukuran lebih besar daripada badannya. Sedangkan, mulutnya layaknya paruh. Matanya hijau bersama bulatan bola hitam di tengahnya.

Ocellated tozeuma shrimp atau Tozeuma lanceolatum

Udang ini tak layaknya style terhadap umumnya. Bentuk badannya memanjang layaknya jarum. Mulutnya amat runcing menyerupai tombak. Dengan skala ukuran yang lebih kecil, udang ini serupa bersama sailfish. Warna ocellated tozeuma bening bersama garis oranye membentang dari ekor sampai ujung mulutnya.

Lionfish atau pterois voltans

Disebut terhitung lepu. Ikan ini dikenal beracun dan merupakan spesies predator. Lepu punyai duri yang panjang. Warnanya percampuran antara merah, cokelat, oranye, kuning, dan hitam-putih berselang-seling. Lepu dapat menyerang buruannya bersama sirip.

Halgerda nudibranch

Halgerda merupakan genus siput laut tanpa kulit dan berada di jajaran keluarga discodorididae. Halgerda terhitung biota yang langka. Persebarannya terbatas terhadap wilayah Indo-Pasifik anggota barat.

Dua spesies lain ditemukan di perairan beriklim hangat di Afrika Selatan dan Australia Selatan, tetapi satu spesies ditemukan di perairan hangat di Jepang. Halgerda punyai warna yang menarik, antara putih, oranye, dan biru menyala.

Damselfish atau pomacentrus sp

Bentuknya layaknya ikan nemo, cuma saja badannya berwarna biru cerah bersama sirip kuning kehijauan. Bagian biru terhadap damselfish nyaris merata di semua tubuh, lebih-lebih sampai kepala, mulut, dan bola matanya.

Warna biru terhadap ikan ini kelihatan menyala dalam kegelapan. Terdapat bintik-bintik hitam layaknya corak terhadap anggota insang sampai mulut.

Pencil squid atau sepioteuthis lessoniana

Cumi-cumi satu ini punyai rona neon berbentuk warna di tubuhnya: biru, kuning, hijau, dan cokelat keemasan. Bintik-bintik corak melingkar di badan, membentuk layaknya pola. Bola mata pencil squid kelihatan lebih lebar dibandingkan bersama bola mata cumi terhadap umumnya. Di antara lingkaran matanya, terkandung titik-titik cokelat keemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *