Hewan Laut Dalam yang Unik

Laut dalam merupakan bagian yang berada pada kedalaman samudra dan dapat dikatakan kalau sinar matahari bahkan tidak dapat untuk menembus kedalaman tersebut. Tekanan air yang kuat di dalam sana membuat benda padat bisa gepeng, apalagi jika manusia mencoba untuk ke sana.

Lautan juga belum sepenuhnya bisa manusia jamah, sebabnya banyak yang meyakini kalau di laut dalam sana banyak terdapat makhluk – makkluk yang belum bisa diidentifikasi oleh manusia. Makhluk – makluk laut dalam kerap kali dianggap aneh atau unik bahkan menyeramkan. Ini karena mereka melakukan adaptasi dengan kondisi laut dalam yang ekstrem.

Ada apa saja hewan laut dalam yang sudah teridentifikasi? Berikut ulasannya.

Hewan Laut yang Seram dan Aneh

1.Cumi – Cumi Vampir

Pertama ada cumi – cumi vampir yan gdiperkirakan hidup pada kedalaman 600 – 900 meter. Hewan ini memiliki mata yang besar karena kurangnya cahaya matahari. Di dalam laut, cumi – cumi jenis ini mengeluarkan tinta yang bercahaya untuk bisa menipu korban atau predator yang ingin memangsanya.

Kemampuan dari cumi – cumi ini dalam berkamuflase sangatlah menakjubkan. Namun karena fisiknya yang tampak seperti tokoh fiksi vampir, banyak yang melihat cumi – cumi ini menyeramkan.

2.Fangrooth Fish

Fangtooth Fish adalah ikan yang berada pada kedalaman 5.000 meter di samudra. Ikan ini memiliki gigi taring yang besar dan juga tajam, namun ia dikabarkan tidak dapat melukai manusia. Giginya yang tajam ia gunakan untuk merobek mangsanya.

Pada bagian wajahnya memiliki tekstur yang keras dan memungkinkan ikan ini isa bertahan lama jika melakukan duel dengan predator lain.

3.Ikan Viper Pasifik

Berikutnya ada ikan Viper Pasifik yang memiliki gigi tajam yang membuat ia kesulitan untuk menutup mulutnya. Ikan yang berada pada kedalaman 4.400 meter ini hanya memiliki panjang yang mencapai 25 cm.

4.Cacing Polychaete

Cacing Polychaete ditemukan pada kedalaman 1.200 meter lepas pantai utara selandia baru. Ia memiliki warna pink dan mirip kelabang, namun merupakan predator yang ganas. Umumnya ia hidip di laut, namun sebagian bisa ditemukan pada sungai atau danau, sebagian lagi ditemukan di darat.

Jika melihat cacing ini, jangan sesekali mendkati atau bahkan menyentuhnya, karena ia sangatlah ganas. Apalagi persediaan makanan yang ada di tempat hidupnya cukup terbatas. Hewan ini bisa menjadi parasit atau hidup sendiri.

5.Squat Lobster

Sesuai namanya, lobster satu ini tampak seperti sedang berjongkok. Ia hidup pada kedalama 1.400 meter dan memiliki 2 cankar besar depan. Hewan ini kerap kali ditemukan pada karang laut. Lobster jenis ini tersebar di seluruh dunia di lautan dalam.

6.Tounguefish

Tounguefish merupakan hewan perairan dalam yang kerap tampak di area belerang dengan memuntahkan ventilasi hidrotermal. Belum terdapat penelitian yang menunjukkan kalau ikan ini berbahaya untuk manusia, namun jika kita lihat dari fisiknya, ikan ini memang cukup menyeramkan.

Ikan yang tampak seperti lidah manusia ini belum diketahui bagaimana cara ia bertahan dan berkembang pada lingkungan laut dalam dengan jumlah predator yang banyak.

7.Dumbo Octopus

Terakhir ada Dumbo Octopus yang hidup pada kedalaman 7000 meter. Hewan ini menjadi spesies gurita yang hidup pada perairan terdalam dan tidak pernah melihat sinar matahari. Banyak ilmuan percaya jika gurita ini memiliki usia ratusan tahun dikarenakan kemampuannya untuk menghindar dari serangan predator.

Nah, itu tadi adalah beberapa hewan laut dalam yang unik. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *