Fakta Unik dan Tersembunyi Laut Mati

Pernahkah kamu mendengar tentang laut mati? Ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Yordania dan sudah dikenal oleh mancanegara. Jangan heran kenapa laut ini terkenal bahkan membuat orang berbondong-bondong ingin mendatangi laut ini.

Laut mati sendiri memiliki sejarah yang dihubungkan dengan kisah para nabi, sehingga banyak orang semakin tertarik untuk mengunjunginya. Keunikan yang paling dikenal oleh banyak orang adalah kita dapat mengapung dengan bebas di atas permukaan airnya tanpa takut tenggelam. Ini dikarenakan kadar garam yang ada di laut tersebut sangatlah tinggi.

Ingin tahu fakta menarik mengenai laut mati ini? Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai laut mati.

Fakta Laut Mati

1.Asal Muasal Namanya

Kenapa kita menyebut laut ini laut mati? Ini karena berasal dari terjemahan bahasa Ibrani, Yam ha Maved, yang berartikan Laut Pembunuh. Sedangkan jika dari bahasa Arabnya, namanya adalah Bahrul Mayyit, atau berarti Laut Mati.

2.Bukan Laut, Melainkan Danau

Meski memiliki nama Laut, ternyata laut mati merupakan danau. Ini karena letaknya yang berada pada daratan. Danau ini memiliki lokasi di titik terendah permukaan bumi. Mungkin di sebut laut karena kadar garam yang sangat tinggi itu.

3. Kenapa bukan Danau Mati?

Ini karena danau tersebut memiliki luas yang hampir menyerupai lautan. Bayangkan saja, panjangnya 67 km, lebar 17 km, serta luas permukaan yang mencapai 810 km2. Meski sangat luas, tidak terdapat kehidupan yang ada di dalam atau bahkan sekitar danau tersebut. Ini karena kadar garam tinggi membuat makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup di sana.

4.Merupakan Tempat Terendah di Dunia

Ketinggiannya 417.5 meter Dipl, membuat laut mati menjadi tempat terendah di dunia. Letaknya di atas sembuah lembah yang berada di antara perbatasan wilayah Israel, Palestina, dan Yordania.

5. Awal Mula Laut Mati

Kenapa bisa terbentuk danau dengan kadar garam tinggi? Ini karena sekitar 3 juta tahun yang lalu, terdapat retakan kecil dan membuat air laut masuk dan berkumpul di danau ini. Retakan itu juga menghasilkan garam, kapur, dan gips yang berada di sepanjang retakan tersebut.

6.Dipercaya Baik untuk Kulit

Sejak zaman dahulu, masyarakat Yordania dan sekitarnya mempercayai kalau laut mati memiliki khasiat yang bagus untuk memperbaiki kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan lumpur ke rubuh, maka nantinya lumpur tersebut bisa membantu memperbaiki kulit, memperlancar sirkulasi darah, bahkan bis meningkatkan kesehatan.

Jadi selain datang untuk bersenang-senang, para pengunjung juga kerap kali memanfaatkannya untuk memperbaiki sel-sel kulit mati yang ada pada tubuh.

7.Terhubung dengan Laut Merah

Selain laut mati, laut unik lain yang terkenal adalah laut merah. Tapi ternyata dua laut ini saling berhubungan, loh. Danau laut mati akan dihubungkan dengan laut merah karena adanya penyusutan lebih dari 10 meter. Permukaan yang ada di laut mati diperkirakan sudah mengalami penyusutan, yang awalnya 394 m di tahun 1960-an, menjadi 423 m di bawah permukaan laut di tahun 2012.

Selain itu luasnya juga mengalami penyusutan menjadi 637 km, sebelumnya 810 km. Bukti penyusutan ini dapat dilihat dari jurang-jurang besar atau lubang runtuhan yang ada pada sekitar laut mati. Untuk mengatasi ini, direncanakanlah penghubungan laut mati dengan laut merah dengan cara membangun kanal-kanal.

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai laut mati. Tertarik untuk mengunjunginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *