Fakta Mengenai Ikan Blobfish

Ikan Blobfish memang tidak sefamiliar ikan – ikan lain seperti ikan badut atau ikan patin. Namun ikan satu ini disebut – sebut sebagai salah satu ikan paling jelek di dunia. Bahkan karena tampilannya yang aneh, banyak yang menyebut ikan ini sebagai ikan alien. Jika dimakan, rasanya tawar dan tidak enak.

Mungkin memang ikan ini tidak tampak indah seperti ikan hias yang biasa menghiasi akuarium. Tetapi bagi para penggemar ikan ikonik, Blobfish menjadi ikan yang bisa dikatakan primadonanya.

Ikan ini jarang ditemukan oleh para nelayan karena ia hidup berada di laut dalam dan setidaknya membutuhkan hingga 1 Km ke dalam laut untuk bisa menemukan ikan dengan bentuk unik satu ini.

Karena bentuknya yang unik banyak orang yang penasaran akan rasanya. Meskipun aman untuk dimakan, tapi ikan ini memiliki rasa tawar dan lembek, jadi banyak yang kurang menyukainya. Ikan yang dapat hidup hingga 130 tahun ini sebagian besar tubuhnya terbuat dari gelatin.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai ikan Blobfish.

Ikan Blobfish

1.Memiliki Bentuk yang Unik

Ikan ini memiliki wajah yang aneh yang dikatakan mirip dengan alien. Blobfish banyak ditemukan di lautan Selandia baru, Australia, dan Tasmania. Karena keunikannya ini, ikan ini kerap kali disebut sebagai ikan paling jelek di dunia.  

Bahkan dari hasil voting yang dilakukan pada tahun 2013 oleh The Ugly Animal Preservation, ada 796 orang dari 3000 orang yang memilih ikan ini sebagai ikan paling jelek di dunia.

2.Ditemukan di Tahun 2003

Ikan Blobfish merupakan ikan yang tinggal di laut dalam dan memiliki bentuk normal jika berada di dalam laut. Namn ketika ia dibawa ke darat, bentuknya akan berubah menjadi lembek dan juga langsung terlihat keanehannya.

Seorang peneliti yang menemukan ikan ini mengatakan kalau ikan ini kali pertama ditemukan diberi julukan Bobby, jadi banyak juga yang memanggil ikan Blobfish ini dengan sebutan Mr.Bobby.

Kini karena keunikan yang dimilikinya, ikan Blobfish menjadi incaran para peneliti dan mencari tahu bagaimana cara Blobfish berkembang biak dan bagaimana habitatnya. Namun hingga kini peneliti belum tahu bagaimana cara ikan Blobfish berkembang biak.

3.Tidak ada Tulang dan Gigi

Selain memiliki tubuh yang lembek, ikan blobfish ini juga tidak memiliki tulang dan gigi. Kalau diperhatikan, di bagian bibirnya tampak tebal dengan gusi bagian mulutnya. Ikan ini tidak memerlukan gigi karena makanannya adalah plankton dan makhluk kecil yang ada di laut. Ia hanya memiliki tulang lembut dan halus, berbeda dengan ikan lain yang memiliki tulang disekeliling tubuhnya. Gelatin yang ada pada tubuh ikan ini berfungsi untuk membantu bertahan hidup pada laut dalam yang memiliki tekanan tinggi.

Selain itu fungsi dari gelatin juga sebagai pelampung, jadi ikan tidak perlu untuk mengeluarkan energi yang besar saat melawan arus pada dasar laut.

4.Masuk ke Ikan Langka

Terakhir, ikan ini merupakan ikan langka dan sayangnya para peneliti belum tahu bagaimana cara ikan ini melakukan reprouksinya. Ikan betina bisa menghasilkan ribuan telur sekaligus ketika reproduksi, hanya saja banyak ikan Blobfish yang tidak bisa bertahan hidup.

Telur yang siap menetas akan dijaga oleh jantan dan betina, karena tempat hidup mereka tidak terdapat tanaman laut atau alga. Tak jarang ikan – ikan ini hanyut dan terbawa oleh arus, jadi tidak bisa menetas dan menghasilkan bayi ikan yang baru.

Itulah beberapa fakta mengenai ikan unik bernama Blobfish satu ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *