Fakta Menarik Ikan Buntal

Mungkin dari semua ikan yang pernah kita lihat, ikan buntal akan menjadi ikan paling menggemaskan. Bagaimana tidak, meski memiliki perawakan yang tidak lucu, tapi ikan ini bisa menggelembungkan tubuhnya seperti balon dalam waktu sekejap. Hal itu ikan buntal lakukan ketika ia sedang berada dalam kondisi yang terancam. Meski tampak tidak berbahaya, kita haru berhati-hati akan ikan satu ini, karena ia bisa mengeluarkan racun yang mematikan.

Tahu gak sih fakta lain mengenai ikan buntal? Nah, berikut ini kami sudah memiliki beberapa fakta menarik mengenai Ikan Buntal!

Ikan Buntal

1.Memiliki Banyak Spesies

Tahukah kamu kalau ikan buntal adalah ikan yang memiliki banyak spesies? Bahkan setidaknya ada 100 spesies dari ikan ini. Ikan yang termasuk pada famili Tetraodontidae ini bisa dengan mudah ditemukan pada perairan air asin, tawar, atau bahkan di lautan lepas seperti di Samudra Pasifik, Laut Merah, Sungai Mekong, sampai ke Sungai Amazon.

Yang menjadi ciri khas ikan ini adalah pada bagian tubuhnya yang panjang juga meruncing, sedangkan pada bagian kepada sampai bibirnya lebih menonjol dengan perut yang besar, terutama ketika ia sedang menggelembungkan dirinya.

Di kulitnya tidak terdapat sisik, melainkan duri. Ketika ia sedang berenang, baik maju atau mundur ia bisa dengan mudah untuk mengubah arah.

2. Dapat Mencapai 4 Kaki

Kalau biasanya kita melihat ikan buntal yang memiliki ukuran kecil, tahukah kamu kalau nyatanya ikan ini bisa membesar hingga 4 kaki atau setara dengan 47 inci. Bahkan panjang dari ikan ini bisa lebih besar dari bayi buaya.

Sedangkan untuk ukuran yang paling kecilnya lebih kecil dari 1 inci. Kemampuan unik dari ikan kerdil tersebut adalah ia bisa memilih ingin memadai jantan atau betina.

3. Bisa Menggembungkan diri 3 kali Lebih Besar Dari Ukuran Tubuh

Ikan buntal bukan merupakan ikan yang aktif, ia lebih cenderung bergerak lambat. Selain itu ia memiliki warna yang cerah dan membuat para predator mudah untuk mengenalinya. Kemampuannya untuk menggembungkan dirinya dan mengambil udara untuk membuat dirinya lebih besar inilah yang membuat predator enggan memangsanya. Di tambah lagi dengan keberadaan duri-duri yang membuat dirinya semakin tampak menyeramkan.

4. Beracun!

Meski tampak tenang dan menggemaskan, nyatanya ikan buntal masuk dalam jajaran ikan paling beracun di dunia, loh. Ikan ini ketika mereka menggembungkan diri, maka mereka akan melepaskan racun dari kulitnya yang dikenal sebagai Textrodotoxin atau bahan kimia yang berkali-kali lipat lebih beracun dibandingkan dengan sianida.

Bahkan racun yang ia keluarkan dari hatinya bisa sampai menewaskan 30 orang dewasa. Orang yang terkena racun ikan ini bisa merasakan kelumpuhan oto, mati rasa, gagal jantung, dan yang paling parah adalah kematian.

5. Memiliki Gigi yang Tumbuh

Kalau diperhatikan, Ikan buntal memiliki 4 gigi, dua di bagian atas dan dua di bagian bawah. Keempat gigi yang dimilikinya ini terus mengalami pertumbuhan. Mereka pun mencoba untuk menjaga gigi-gigi mereka tetap pendek, salah satu caranya adalah dengan membuka kerang, makan alga atau karang, dan lainnya.

6. Dapat Di Santap

Terakhir yang cukup mengagetkan adalah di Jepang Ikan Buntal menjadi sebuah santapan lezat. Tapi tentunya tidak semua orang bisa memasak ikan buntal, hanya koki profesional saja yang bisa melakukannya. Terlebih lagi racun yang ada pada ikan ini sangatlah berbahaya, jadi tidak boleh sembarangan.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai ikan buntal. Menurutmu, hal unik apa lagi yang berhubungan dengan ikan buntal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *