Fakta Menarik Dari Orca Si Paus Pembunuh!

Fakta Menarik Dari Orca Si Paus Pembunuh – Banyak orang awam yang ber-anggapan bahwa hiu adalah predator yang berada di puncak rantai makanan kehidupan lautan rupanya itu tidaklah benar. Predator puncak lautan yang sesungguhnya adalah paus pembunuh atau paus orca (Orcinus orca).

Sebenarnya, dugaan paus pembunuh sebagai predator paling menakutkan di lautan sudah ada sejak lama. Ada cerita dari banyak nelayan yang pernah menyaksikan paus pembunuh mengalahkan hiu putih dewasa. Bahkan, ada yang menceritakan pengalamannya ketika melihat paus pembunuh mengalahkan dua hiu sekaligus dan memakannya. Hingga pada 4 Oktober 1997, di lepas Pantai California, sekompok pengamat paus berhasil merekam momen ketika paus pembunuh memakan hiu putih dewasa.

Paus pembunuh atau Orca adalah sejenis mamalia laut yang termasuk keluarga Delphinidae alias keluarga lumba-lumba. Meski berkerabat dengan lumba-lumba, nama Orca atau paus pembunuh justru lebih sering melekat pada mereka. Itu karena ukuran mereka yang besar seperti paus dan status mereka sebagai pembunuh alias predator puncak di lautan. Di bawah ini kita https://www.prameks.com/ sudah merangkum beberapa fakta menarik dari orca yaitu si paus pembunuh, tidak usah berlama-lama lagi. Yuk simak di bawah ini.

– Asal-usul Nama Paus Pembunuh

Asal-usul sebutan paus pembunuh atau paus orca ternyata sudah sejak dahulu. Tepatnya, ketika pelaut kuno melihat paus orca ini berburu mangsa, yaitu paus yang tentu ukuranya lebih besar.

Mulai dari situlah lumba-lumba ini mempunyai julukan http://daftarakun.net/ pembunuh paus dan sekarang julukannya terbalik menjadi paus pembunuh. Tapi, bukan berarti paus orca seagresif ikan hiu atau predator lainnya.

– Paus Pembunuh Berburu dalam Kelompok

Paus pembunuh adalah karnivora. Mereka makan ikan, termasuk hiu putih, cumi, kepiting, lobster, anjing laut, singa laut, dugong, burung laut, penguin, kura-kura laut dan tentu saja, paus, termasuk paus sperma bayi dan paus biru bayi. Menurut para ilmuwan, mereka juga akan makan beruang kutub jika ada kesempatan!
Paus pembunuh berburu dalam kelompok. Didukung dengan kecerdasan mereka, paus pembunuh memiliki tingkat keberhasilan berburu yang tinggi.

– Hewan yang sangat rakus

Sebagai predator puncak di lautan, orca memang gak punya hewan pemangsa. Sebaliknya, justru hampir semua penghuni lautan yang jadi santapan mereka. Laman Passport Ocean menyebut bahwa mereka berburu ikan, walrus, anjing laut, singa laut, cumi-cumi, penyu, bahkan hiu dan beberapa jenis paus!

Dengan ukuran tubuh mereka yang besar, tentunya jumlah makanan yang harus mereka konsumsi pun gak sedikit. Seekor orca berukuran sedang akan menghabiskan sekitar 227 kg makanan setiap harinya! Gak heran jika mereka menghabiskan sekitar 60 persen waktunya untuk mencari makan.

– Tidak dapat mencium bau

Paus orca diyakini tidak memiliki indra penciuman yang bagus. Bahkan ia tidak memiliki organ penciuman atau cuping otak yang didedikasikan untuk berbau.

Namun, mereka memiliki indera penglihatan dan pendengaran yang baik. Mereka bisa mendengar lebih baik dari pada anjing dan bahkan kelelawar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.