Cara Melestarikan Laut Kita

Laut perlu kita lindungi, karena di sana memiliki ikan dan tumbuhan laut yang wajib kita jaga keberadaannya. Wilayah laut yang dilindungi saat ini hanya sekitar 3% dari total yang ada. Kini pemitihan karang semakin meningkat di lautan Atlantik dan Pasifik, terumbu karang kiri semakin dalam bahaya.

Kantong plasti yang mencemari lingkungan kini mulai dicoba untuk diatasi dengan penggunaan kantong plastik yang dibuat dari bahan alami, seperti rumput laut atau singkong. Sebuah laporan juga mengatakan kalau pengasaman laut memakan korban. Ini disebabkan oleh gas efek rumah kaca, terutama karbon dioksida (CO2), yang dihasilkan oleh pemancar listrik dengan bahan bakar batu bara, kendaraan bermotor, dan sumber lainnya.

Kita sebagai individu bisa membantu untuk melestarikan laut kita dengan cara membantu mengurangi ancaman tersebut. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa membantu laut untuk mengurangi polusi yang kini semakin mengkhawatirkan.

Kebiasaan Baru Untuk Bersihkan Laut

1.Ikuti Pedoman Pelestarian Alam

Pertama adalah dengan mengikuti pedoman kelestarian alam saat hendak membeli ikan untuk dimakan. Ini bisa membantu untuk membuat perusahaan penangkapan ikan yang ilegal tidak laku di pasaran dan membuat mereka berhenti melakukan penangkapan ikan ilegal.

Tentunya ini dapat membantu peningkatan populasi ikan di laut yang terus terancam. Apalagi sering kali para pengangkap ikan ilegal melakukan penangkapan dengan cara yang tidak baik, seperti dengan menggunakan bom dan pukat harimau.

2.Atur Penggunaan Kantong Plastik

Kantong plastik yang berada di laut bisa sangat membahayakan, karena penyu dapat mengira kalau benda tersebut merupakan ubur – ubur. Gunakanlah kantong yang bisa kembali digunakan ketika sedang berbelanja. Atau mungkin gunakan kantong yang terbuat dari rumput laut dan singkong. Kedua jenis kantong tersebut tentunya aman dan tidak beracun, sehingga lebih baik dari pada kantong plastik.

3.Gunakan Angkutan Umum

Penggunaan angkutan umum bisa membantu karena dapat mengurangi polusi udara dari banyaknya emisi kendaraan bermotor. Bukan hanya laut saja yang dapat terbantu dengan kebiasaan ini, tetapi semua makhluk hidup juga bisa merasakan manfaatnya.

4.Hemat Air dan Energi

Ini sudah sering kali menjadi pehatian masarakat dunia mengenai betapa pentingnya untuk menghemat air dan energi, karena dua energi ini dapat habis sewaktu – waktu.

5.Daur Ulang Plastik

Dari pada berakhir di laut dan merusak ekosistem, sebaiknya kita mendaur ulang sampah menjadi hal yang lebih berguna untuk dilakukan. Selain itu saat  ini pemerintah juga sedang mencanangkan banyak program yang berhubungan dengan daur ulang plastik. Dengan demikian kita bisa membantu pemerintah dalam menjalankan program satu ini.

6.Dukung Pemerintah Lindungi Laut

Kita harus mendukung upaya pemerintah untuk bisa segera menetapkan wilayah laut yang dilindungi di negara ini. Tentunya ini akan sangat membantu daerah – daerah di laut untuk tidak tercemarkan oleh polusi yang mengancam mereka.

7.Membantu Lembaga Swadaya Masyarakat

Membantu Lembaga Swadaya Masyarakat yang tujuannya untuk konservasi dan kelestarian laut, ini bisa ditujukan untuk konservasi dan kelestarian laut dengan sumbankan waktu dan uang. Temukan bagaimana nantinya membantu melindungi lautan dengan belajar lebih dalam lagi tentang laut.

Nah, itulah beberapa cara untuk bisa membantu menjaga kelestarian laut . Banyak cara lain yang bisa dilakukan agar ke depannya, laut kita semakin indah dan terhindar dari polusi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk jaga laut agar anak cucu kita masih bisa melihat keindahan alam yang luar biasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *