Aquascape, Seni Pemandangan Bawah Laut Yang Bisa Dijadikan Hobby Baru!

Apa kalian pernah mendengar yang namanya Aquascape? Kalau kalian pecinta pemandangan bawah laut, tentunya salah satu jenis hobby seperti ini bisa kalian coba. Apalagi disaat pandemi seperti ini pastinya semua orang berusaha menyibukkan diri didalam rumah seperti bermain judi SBobet. Membuat Aquascape bisa menjadi pilihan terbaru yang menyenangkan. Sebelum kita membahas bagaimana tata cara membuat Aquascape, ada baiknya anda pelajari basic dan pengertian Aquascape ini sendiri.

Pengertian Aquascape

Aquascape adalah salah satu jenis hobby yang pada dasarnya seni bawah laut buatan. Dengan menggunakan wadah transaparan seperti kaca atau acrylic, anda bisa menyusun beberapa material laut serta memasukkan fauna kedalamnya. Hobby ini bertujuan untuk membuat pemandangan bawah laut yang indah dengan menggunakan tanaman laut hidup, bebatuan, serta hewan laut sebagai peliharaan didalamnya.

Biota laut yang ada pun juga dipilih berukuran kecil dan hanya memakan plankton agar tidak merusak tanaman laut seperti udang, keong, bintang laut, atau hewan yang tinggal di terumbu karang. Yang terpenting dalam Aquascape ini adalah keindahan dari susunan dan tataan indah sesuai keinginan kalian.

Point Penting Pembuatan Aquascape

Pada saat menjalankan hobby ini ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan. Proses pembuatan aquascape sendiri tidak mudah karena membutuhkan waktu dan proses yang lama. Hal ini dikarenakan penggunaan tanaman hidup untuk penghiasan didalam wadah. Kalian harus memposisikan tanaman tersebut apakah butuh cahaya matahari agar bisa berfotosintesis, kalian bisa menggunakan pencahayaan lain.

Selain itu juga kamu memerlukan pupuk dan filter supaya penyaringan air dapat berfungsi dengan baik. Adapun penyesuaian air yang digunakan, apakah menggunakan air asin atau air tawar. Mulai dari tanaman sampai faunanya pun harus disesuaikan agar tidak ada yang mati karena tidak cocok dengan perairannya.

Point Tambahan Aquascape

Ada beberapa point tambahan yang perlu juga kalian pikirkan agar pembuatannya tidak terhenti ditengah jalan. Aquascape terbagi menjadi 3 kelompok yaitu bagian depan (foreground), bagian tengah (midground), serta background (bagian belakang). Adapun yang membagi Aquascape berdasarkan titik cahaya antara lain lowlight, midlight, dan highlight.

Titik pencahayaan tersebut bakal berguna banget sebagai pengganti cahaya matahari, dan dari ketiga pencahayaan tersebut harus disesuaikan lagi dengan tanaman yang digunakan. Jika kalian berhasil membuat pemandangan bawah laut yabg indah, rasa lelah dan prosesnya akan terbayar kok. Jadi apakah kalian sudah siap mencoba dan membuat Aquascape?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *