Apa Yang Terjadi Di Laut Pada Malam Hari?

Pernahkah kalian terfikir apa yang akan dilakukan oleh para penghuni laut pada saat kalian tertidur? Apakah mereka juga ikut tertidur atau tidak?

Mungkin apa yang terjadi di laut dengan di darat memiliki beberapa perbedaan dan mungkin perbedaan itu tidak pernah kita ketahui.

Penasaran dengan apa saja yang dilakukan oleh makhluk laut di malam hari? Yuk simak artikel berikut.

Laut Pada Malam Hari, Tetap Produktif?

Saat siang hari mungkin kalian melihat laut biru dengan cahaya matahari yang menerangi kehidupan laut.

Namun, kehidupan penghuni laut sangat jarang sekali terlihat. Kalua kita menyelam ke dalam laut, mungkin yang bisa kita lihat hanya beberapa jenis hewan yang berenang dengan lincah.

Dan ternyata, saat malam tiba, banyak makhluk laut yang keluar dan beraktivitas. Lalu, mereka ngapain ya? Yuk cari tahu dibawah ini.

1.Menerangi Air Laut

Ada salah satu plankton do bumi yang disebut Dinoflagellata. Pada malam hari, plankton ini akan mengeluarkan cahaya berwarna biru.

Bahkan, jika mereka berkumpul, cahaya biru itu akan menjadi sangat indah dipandang mata. Seperti melihat sebuah keajaiban.

Cahaya ini akan semakin terang saat tersentu perahu, tangan, atau hewan lain. Sebenarnya, plankton ini juga bisa ditemukan di siang hari.

Namun pada siang hari ia akan berwarna merah kecoklatan. Makhluk ini bisa kalian temukan dengan mudah di Puerto Rico dan Jamaika.

2.Berburu Makanan

Beberapa hewan seperti ikan, cumi-cmi, dan hewan lunak juga bisa mengeluarkan cahaya. Saat mala tiba, hewan-hewan yang bisa mengeluarkan cahaya ini akan berburu makanan.

Cahaya yang mereka keluarkan akan menarik hewan kecil untuk mendekat. Saat mereka mendekat, ia akan langsung memangsanya.

Cahaya terang yang dikeluarkan juga bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Ikan-ikan ini memiliki kantung khusu yang berada di bawah mata mereka.

Kantung inilah yang mengeluarkan cahaya yang berasal dari bakteri-bakteri ini.

3.Mencari Cahaya Bulan

Bagi hiu putih, malam hari merupakan waktu untuk mencari cahaya bulan. Cahaya ini bisa membantu mereka untuk melihat dengan baik.

Dengan bantuan cahaya bulan, hiu akan dengan mudah menemukan anjing laut dan memangsanya. Hal ini juga telah terbukti lewat penelitian.

4.Menangkap Mangsa

Ada seekor cumi berukuran besar yang hidup di bumi kita. Cumi ini bernama cumi Humboldt. Hewan ini suka sekali keluar pada malam hari untuk menangkap mangsanya.

Mangsa mereka adalah ikan lentera. Mereka akan terus menangkap mangsanya hingga matahari terbit. Saat matahari sudah terbit, mereka akan turun ke bawah laut dan kembali mengintai makanannya untuk nanti malam.

Saat malam tiba lagi, mereka akan menangkap mangsanya lagi dan terus begitu.

Cumi-cumi Humboldt termasuk hewan paling unik yang muncul ke permukaan setiap malamnya. Kemampuan mereka berubah warna dan mengeluarkan kilat merah terang saat terganggu membuat mereka dinamai ‘setan merah’.

Cumi-cumi ini merupakan predator yang sangat agresif, mereka menangkap mangsan yang kuat dan menghisap serta merobek mangsanya dengan paruh.

Namun, cumi-cumi ini juga seringkali menjadi buruan para predator yang lebih besar seperti ikan berparuh, ikan pedang, dan hiu.

Karena itulah, mereka masuk ke dalam laut gelap saat pagi hari untuk menghindari risiko diburu oleh predator lain.

Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh makhluk-makhluk di lautan pada malam hari. Unik dan seram bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *