7 Jenis Lumba-Lumba Ini Ada Di Indonesia Loh!

Lumba-lumba merupakan hewan tercerdas di dunia. Lumba-lumba sendiri memiliki sekitar 40-an jenis di dunia.

16 spesies di antaranya hidup dan dapat dijumpai di perairan Indonesia. Selain itu, di Indonesia lumba-lumba termasuk populer di sini.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui tentang spesies lumba-lumba yang bermacam-macam. Kebanyakan orang beranggapan bahwa lumba-lumba hanya sebagai satu hewan saja.

Padahal ada banyak sekali jenis lumba-lumba di dunia, bahkan beberapa di antaranya ada di Indonesia.

Penasaran ada apa saja? yuk simak dibawah ini.

5 Jenis Lumba-Lumba Lucu Yang Ada Di Indonesia

Lumba-lumba atau dolphin merupakan mamalia air yang sangat pintar. Mereka bahkan dapat berhitung dan sangat ramah kepada manusia.

1.Lumba-Lumba Belang

Lumba-lumba hidung belang merupakan salah satu hewan yang hidup di daerah Samudera Atlantik, Hindia, Pasifik, dan laut yang berdekatan, termasuk Indonesia.

Hewan ini merupakan lumba-lumba dengan daerah sebaran terluas. Lumba-lumba hidung belang berukuran sekitar 2,7 meter dengan berat mencapai 160 kg.

2.Lumba-Lumba Fraser

Lumba-lumba fraser ni memiliki ukuran tubuh antara 2 – 2,7 meter dengan berat 160 – 210 kg. tubuhnya sangat kekar dan gempal dengan sirip punggung yang kecil.

Bagian atas tubuhnya berwarna abu-abu kebiruan atau kecoklatan dengan bagian bawahnya yang biasa pucat putih atau merah muda.

3.Lumba-Lumba Gigi Kasar

Lumba-lumba gigi kasar berukuran mencapai 2,6 meter dengan berat sekitar 160 kg. hewan ini memiliki kepala kecil dengan paruh panjang tanpa lipatan di melon.

Sirip punggung mereka relative besar dan tinggi serta terletak di pertengahan kembali. Mereka juga memiliki sirip yang relative panjang.

Warna tubuhnya biasanya gelap dengan bibir putih da tenggorokan yang jubal dorsal gelap yang sempit antara sirip blowhole serta punggungnya. Perutnya memiliki permukaan yang berbintik tidak teratur serta berbercak-bercak.

4.Lumba-Lumba Hidung Botol

Lumba-lumba hidung botol merupakan jenis lumba-lumba yang paling terkenal. Panjang tubuhnya sekitar 2-4 meter dengan berat antara 135 – 635 kg.

Warna mamalia cerdas ini biasanya mulai dari abu-abu terang sampai hitam dengan warna yang lebih terang dari perutnya.

5.Lumba-Lumba Hidung Botol Indo-Pasifik

Awalnya, lumba-lumba hidung botol indo-pasifik dianggap sama dengan lumba-lumba hidung botol. Namun, sejak 1998, spesies ini dianggap sebagai jenis tersendiri.

Panjang tubuhnya bisa mencapai 2,6 meter dengan berat mencapai 230 kg. spesies ini sering ditemui di sekitar India, Utara Australia, Laut China Selatan, Laut Merah, Pantai Timur Afrika, serta di perairan Indonesia.

Tubuh bagian atasnya berwarna abu-abu gelap dengan perut berwarna abu-abu keputihan dan bintik abu-abu.

6.Lumba-Lumba Moncong Panjang

Lumba-lumba jenis ini memiliki bentuk tubuh yang relative kecil dengan panjang antara 1,9 – 2,5 meter.

Beratnya sendiri bisa mencapai 80 – 235 kg, moncongnya yang panjang serta tubuh abu-abunya yang ramping dilengkapi dengan sirip punggung serta perut berwarna putih dan panel dada berwarna kekuningan.

7.Lumba Lumba Pemintal

Lumba-lumba jenis ini memiliki kemampuan melompat sambil berputar beberapa kali pada sumbu tubuh mereka.

Layaknya anggota lainnya, ia memiliki tubuh yang relative kecil dengan panjang sekitar 2 meter dan berat antara 59 – 77 kilogram.

Itulah beberapa jenis lumba-lumba yang ada di perairan laut Indonesia. Mereka merukana makhluk yang pintar dan juga ramah terhadap Indonesia, jadi, jangan takut ya kalau ketemu mereka. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *