6 Taman Laut Terindah di Indonesia

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di negaranya. Bahkan, dari sabang sampai merauke sebagian besar wilayahnya adalah perairan.

Wilayah perairan di Indonesia dikenal dengan taman laut dan dunia bawah lautnya. Taman laut merupakan area atau kawasan laut yang dilindungi oleh pemerintah setempat.

Kawasan ini kemudian digunakan sebagai tempat pemeliharaan, perlindungan, serta pelestarian ekosistem bawah laut.

Yang patut dibanggakan adalah, ternyata total terumbu karang di dunia 8% nya berada di perairan Indonesia.

Keindahan taman laut dan dunia bawah laut ini juga menjadi salah satu pemicu dari menjamurnya aktivitas atau olahraga selam.

6 Taman Laut Terindah Yang Ada Di Indonesia

Tak hanya itu, pesona taman serta dunia bawah laut Indonesia juga sudah tersebar luas bahkan sampai ke luar negeri.

Lalu, ada taman laut apa saja sih di Indonesia? Yuk simak dibawah ini.

1.Taman Laut Bunaken

Bunaken berada di provinsi Sulawesi Utara. Taman laut ini memang terkenal dengan keindahan taman lautnya yang bagaikan surgawi.

Taman ini merupakan rumah bagi 390 lebih spesies koral, berbagai bunatang laut, mamalia laut, dan lain-lain.

Selain itu, ada 20 titik penyelaman yang bisa kalian coba di taman laut ini dengan kedalaman yang bervariasi sampai 1.344 meter.

2.Taman Laut Raja Ampat

Taman laut ini berada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini mempunyai 4 pulau utama, yaitu Misool, Bantata, Salawati, dan Waigeo.

Taman ini juga merupakan taman laut di Indonesia terbesar. Didalamnya, ada sekitar 537 spesies koral atau 75% dari total spesies koral di dunia.

Selain itu, lebih dari 1.000 spesies ikan karang dan 700 jenis moluska bisa kalian lihat sambil diving disini.

3.Taman Laut Kepulauan Togean

taman laut kepulauan Togean berada di Teluk Tomini Sulawesi Tengah. Tempat ini memiliki 262 jenis terumbu karang. Luasnya yang sekitarr 132.000 hektar dijadikan sebagai habitat bagi 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, serta beberapa satwa langka seperti kima raksasa, berbagai penyu, hingga paus.

Taman ini juga masuk ke dalam wilayah Coral Triangle Indonesia-Fillipina yang merupakan kawasan konservasi di bawah naungan World Wide Fund for Nature.

4.Taman Laut Karimun Jawa

Taman laut ini merupakan gugusan kepulauan dengan jumlah 22 pulau yang berada di laut Jawa. Disana, kalian bisa melihat berbagai macam ekosistem seperti terumbu karang, rumput laut, dan lain-lain.

Di tempat ini kalian juga bisa menemukan bangkai kapal karam yang dijadikan sebagai habitat ikan karang.

5.Taman Laut Wakatobi

Taman laut yang berada di Sulawesi Tenggara ini keindahannya sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Tempat ini mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat beragam. Bahkan, tempat ini menjadi salah satu prioritas konservasi laut tertinggi di Indonesia.

Disini, kalian bisa melakukan beragam olahraga air seperti diving, snorkeling, dan lain-lain.

6.Taman Laut Pulau Menjangan

Taman laut satu ini berada di Bali dan merupakan salah satu destinasi wisata paling indah di Bali. Disini, kalian bisa melakukan diving sambil menikmati  alam bawah laut.

Bagi kalian yang suka memancing, disini juga ada akses terbaik untuk memancing. Selain itu, untuk menuju ke tempat ini juga sangat mudah.

Itulah 6 taman laut terindah yang ada di Indonesia. Gimana? Ada yang sudah pernah kalian kunjungi belum? Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *