6 Kehidupan Laut Dalam Ini Bakal Bikin Kalian Merubah Image Tentang Laut

Laut menyimpan sebuah misteri yang cuku unik, banyak orang yang mengatakan bahwa kehidupan didalam laut memiliki keindahan tersendiri dengan bentukan alam yang sudah tercipta di dalamnya.

Namun, ternyata kehidupan laut dipenuhi dengan suhu yang dingin. Kehidupan bawah laut hanya bisa merasakan matahari dengan maksimal kedalaman 1000 M atau dikenal dengan Dysphotic Zone.

Jarak tembus maksimal ini terjadi akibat energy dari cahaya matahari yang diserap dan disebar oleh air laut sehingga pada jarak maksimal tidak terdeteksi lagi cahaya matahari.

Namun, pernahkan kalian penasaran dengan makhluk apa saja yang berada di laut dalam? Dibawah ini merupakan hewan-hewan yang hidup di laut dalam.

Kehidupan Bawah Laut Dalam, Katanya Indah?

Keunikkan dari kedalaman 1000 meter di bawahh laut adalah kondisi perairan yang memiliki temperature sangat rendah (0-6 derajat Celsius).

Menariknya, pada kedalaman ini terbentuk  pusat-pusat panas akibat aktivitas vulkanik dibawah dasar laut yang membentuk semacam  cerobong panas atau ventilasi hidrotermal.

Perbedaan suhu yang ekstrem antara ventilasi (350 derajat Celsius) dengan kondisi perairan sekitar (0-6 derajat Celsius) menciptakan fenomena habitat yang unik.

1.Ubur-Ubur Raksasa

Seringkali kita melihat ubur-ubur yang ada d perairan laut. Namun, berbeda dengan ubur-ubur satu ini.

Ukurannya sangat besar membuat spesies yang tadinya terlihat sangat indah menjadi sedikit  menyeramkan dan harus diwaspadai.

Yang harus diperhatikan adalah ubur-ubur ini bisa memberikan sengatan yang menyakitkan. Ubur-ubur ini juga telah ada sejak 650 juta tahun lalu, sehingga keberadaan mereka lebih lama dari dinosaurus dan hiu.

2.Angler Fish

Karnivor yang hidup  di kedalaman satu mil di bawah permukaan laut Atlantik dan di kawasan Antartika ini disebut-sebut sebagai hewan terjelek di bumi.

Hidupnya juga sendirian di dalam kegelapan. Terdapat kurang lebih 200 spesies Angler Fish di area perairan Atlantik dan Antartika. Beberapa di antaranya bahkan memiliki ukuran fisik yang lebih besar dari satu meter.

3.Belut Moray

Belut ini merupakan spesies terbesar yang hidup di Bumi. Moray  lebih suka hidup di bawah karang untuk bersembunyi dan menanti mangsanya.

Uniknya lagi, Moray ternyata memiliki pengelihatan yang buruk. Mereka lebih mengandalkan indra penciuman dan gerakan mangsanya.

4.Gurita Raksasa

Gurita merupakan salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang. Namun, bagaimana jika kita melihat gurita yang ukurannya sangat besar?

Pastinya terlihat mengerikan dan bisa jadi gurita tersebut tidak bersahabat. Uniknya, gurita ternyata memiliki tiga jantung dan darahnya biru.

5.Cumi-Cumi Vampir

Cumi-cumi vampire dipercaya tinggal di kedalaman 600-900 meter dengan bentuk mata besar karena kurangnya cahaya matahari.

Di dalam sana, cumi-cumi vampire melepaskan tinta bercahaya yang bisa membuat korban atau predator tertipu.

Kemampuan kamuflase yang dimiliki cumi-cumi ini memang sangat menakjubkan. Selain itu,  bentuk dan tampangnya memang mirip sekali dengan vampir.

6.Cacing Polychaete

Cacng Polychaete ditemukan di kedalaman laut 1.200 meter lepas pantai Utara Selandia Baru. Warnanya pink dan bentuknya mirip dengan kelabang.

Hewan kecil ini merupakan predator ganas dan umumnya hidup di laut. Sebagian juga ditemukan di sungai dan danau (air tawar) dan sebagian lainnya ditemukan di darat (terrestrial).

Meskipun warnanya unik,  tapi jangan pernah mencoba mendekati cacing ini karena mereka sangat ganas. Terlebih lagi dengan kurangnya persediaan makanan dilaut dalam tempatnya hidup sangat terbatas.

Itulah 6 hewan laut yang hidup di kedalaman laut. Serem-serem tapi unik dan menarik ya. semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *