5 Taman Laut di Indonesia yang Indah

Indonesia memang merupakan negara kepualauan yang memiliki kekayaan alam yang indah. Ada belasan ribu pulau dan wilayah perairan d Indonesia. Wilayah perairan yang ada di negara kita ini sangatlah indah dan menakjubkan. Sekali melihat, mata akan dibuat tidak percaya akan keindahan yang ada. Bagi Anda yang ingin sekali melihat keindahan taman laut di Indonesia, berikut ini adalah beberapa keindahan alam Indonesia yang tidak boleh dilewati.

Indahnya Taman Laut Indonesia

1.Taman Laut Kepulauan Derawan

Taman laut yang ada di kepulauan Derawan merupakan taman laut pertama yang akan kami bahas. Di sini terdapat setidaknya 28 spot penyelaman dan sudah diakui oleh dunia dalam hal keindahan dan juga keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Tempat ini memiliki 460 jenis koral dan juga memiliki 836 spesies ikan karang yang sangatlah indah. Bisa juga Anda lihat di sana keberadaan beberapa jenis hewan yang kini sudah langka, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba – lumba, kima, ketam kelapa duyung, sampau ke ikan barakuda.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, bisa datang ke Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

2.Taman Laut Banda

Yang kedua ada Taman Laut Banda yang pernah tercatat sebagai kawasan warisan dunia untuk surga taman laut Indonesia pada tahun 2016. Ini karena Taman Laut Banda memiliki keindahan dan juga keanekaragaman biota laut yang ada di sana.

Tempat ini berada tepat di Kabupaten Maluku Tengah, gugusan Pulau Neira, pulau Gunung Api, pulau Sjahrir, dan juga pulau Hatta.

Di taman laut ini, tersimpan lebih dari 310 jenis terumbu karang dan terdapat setidaknya 871 spesies ikan. Jadi jangan heran akan penobatan taman laut satu ini sebagai warisan dunia dan merupakan salah satu taman laut yang terindah di Dunia.

3.Taman Laut Takabonerate

Ketiga ada Taman Laut Takabonerate yang berada di kecamatan Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Ini merupakan salah satu taman laut terindah yang Indonesia miliki. Selain keindahan yang dimilikinya, taman laut Takabonerate dinobatkan sebagai taman aut yang memiliki kawasan atol terbesar ketiga di Dunia.

Yang menyenangkan adalah Anda bisa menikmati keindahan taman laut tersebut tanpa harus menyelam terlalu dalam.

4.Taman Laut Kepualauan Raja Ampat

Sepertinya taman laut Raja Ampat memiliki keindahan yang sudah bukan merupakan rahasia lagi. Bahkan kini rasanya hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal apa itu Raja Ampat. Karena kini sudah semakin banyak media yang membahas mengenai keindahan yang ada di tanah Papua ini.

Tempat yang menjadi impian untuk jadi tempat liburan ini diklaim sebagai taman laut terbesar yang ada di Indonesia. Taman laut yang ada di Raja Ampat diyakini mengimpan 75% dari total spesies koral yang ada di Dunia. Selain itu ada juga 100 spesies ikan karang dan 700 jenis moluska yang indah. Di sini Anda dapat menemukan ikan tuna, barracuda, pari manta, dan masih banyak spesies lain.

5.Taman Laut Bunaken

Terakhir ada taman laut Bunaken yang juga sudah menjadi taman laut populer di Indonesia. Perairan ini memiliki keanekaragaman yang sangat melimpah. Sudah tercatat kalau terapat setidaknya 390 spesies koral dengan bebagai jenis ikan mamalia laut dan moluska yang sangat indah di laut ini.

Ada setidaknya 20 spot diving untuk melakukan penyelaman yang bisa dicoba untuk dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang Bunaken miliki.

Nah, itulah beberapa taman laut terindah di Indonesia. Tertarik mengunjunginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *