5 Jenis Hiu Di Dunia, Unik dan Menyeramkan

di lautan dunia, sudah tercatat ada sekitar 440 jenis hiu yang berenang didalamnya. Ukurannya pun bermacam-macam. Ada yang kecil, besar, hingga jumbo.

Hiu-hiu ini juga dipastikan dapat ditemukan di kedalaman hingga 2.000 m. Berikut ini, ada 5 jenis hiu yang mungkin jarang diketahui.

Jenis Spesies Hiu Di Dunia

Mungkin sebagian besar dari kalian hanya mengetahui hiu-hu yang umum seperti hiu putih, hiu martil, dan lain-lain.

Namun, apakah kalian tahu keberadaan hiu-hiu berikut?

1.Hiu Mulut Besar

Hiu ini memang memiliki mulut yang besar sesuai namanya. Hewan ini merupakan jenis hiu yang hidup di perairan dalam dan sangat jarang dijumpai di lepas pantai.

Jenis ini diperkirakan dapat bertahan hidup secara alami hingga 100 tahun serta mencapai panjang maksimal 6 meter.

Hiu ini juga bersifat ovovivipar dimana janinnya berkembang di dalam telur dan menetap di dalam tubuh induk betina hingga saatnya menetas.

2.Hiu Greenland

Hiu Greenland merupakan perenang yang lambat. Kecepatannya hanya sekitar 2,7 km per jam. Hal ini dikarenakan ia hidup di perariarn dingin di sekitar Greenland.

Rendahnya suhu air di Arktik lah yang membatasinya bergerak dengan cepat seperti spesies hiu lainnya.

Hiu ini dapat hidup hingga sepanjang 21 kaki dan mampu bertahan hidup selama 200 tahun. Hiu Greenland juga dikenal sebagai binatang bertulang punggung yang bisa hidup paling lama.

Mereka cenderung berada di kedalaman 1800 m di bawah permukaan laut. Spesies ini juga dapat hidup di perairan dengan suhu -1 sampai 10 derajat Celcius.

Bahkan ketika perairan bagian atas sudah mulai hangat, hiu akan menyelam ke daerah dasar atau ke daerah yang lebih dingin.

3.Hiu Gergaji

Hiu Gergaji merupakan hiu yang memiliki moncong berupa mata pisau yang dilengkapi dengan serangkaian gigi layaknya gergaji bermata dua. Ikan ini mirip dengan pari gergaji namun memiliki celah insang yang terletak di sisi kepala.

Tubuhnya cukup ramping dengan dua sirip dada. Hidupnya di dasar perairan berlumpur pada kedalaman 40 meter dan perairan payau.

Hiu jenis ini merupakan pemakan segala jenis ikan. Walaupun bentuk fisiknya menyeramkan, namun hiu ini tidak buas sehingga tidak berbahaya bagi manusia.

4.Hiu Pemotong Kue

Diberi nama demikian karena hiu ini memiliki gigitan yang sangat tajam namun ukuran tubuhnya kecil sekali hanya sekitar 50 cm.

Selain itu, mangsa ikan ini adalah ikan-ikan yang seukuran dengannya ata yang lebih besar darinya termasuk paus, hiu lain, atau  lumba-lumba.

Hiu ini bahkan bisa merebut makanan dari hiu lainnya termasuk hiu putih yang besarnya berkali lipat dari dirinya.

Hiu Pemotong Kue juga dikenal sering menggigit kabel bawah laut dan bahan lain yang digunakan kapal selam hingga berlubang.

5.Hiu Berjumbai

Hiu berjumbai pertama kali ditemukan di perairan Jepang pada 21 Januari 2007. Hiu ini merupakan salah satu dari 2 yang masih hidup.

Penyebarannya merata di laut perairan Atlantik dan Samudra Pasifik. Para ahli juga memperkirakan bahwa hiu ini bisa menelan mangsa tanpa mengunyanya terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan membengkokkan tubuhnya agar tubuh mangsanya bisa leluasa masuk langsung ke perutnya.

Itulah 5 jenis hiu yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Gimana? Seram-seram bukan? Namun jangan terlalu khawatir, biasanya hiu akan berada pada kedalaman 2.000 meter kebawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *