5 Fakta Penyu, Reptil Laut Terancam Punah

Penyu merupakan reptil yang dapat ditemukan pada semua lautan yang ada di dunia, kecuali para wilayah kutub. Terdapat setidaknya 7 spesies penyu yang 6 diantaranya masuk dalam kondisi terancam punah. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya pengurangan populasi penyu adalah perburuan, kehilangan habitatnya, polusi yang ada di laut, perubahan iklim, dan juga terjaring nelayan.

Oleh karena itu kita harus ikut serta melestarikan penyu, bisa dimulai dari tidak mengotori laut dengan membuang sampah sembarangan.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai penyu yang wajib untuk diketahui.

Fakta Penyu

1.Telah Hidup Selama Jutaan Tahun

Penyu merupakan organisme yang sangat tua, mereka diyakini telah hidup di bumi selama lebih dari jutaan tahun. Bahkan penyu berhasil bertahan dari perubahan iklim yang telah membunuh dinosaurus.

Tubuh penyu pada bagian atasnya dilindungi oleh cangkang yang disebut dengan carapace. Mereka tidak dapat menyembunyikan kepalanya untuk masuk ke dalam cangkang, berbeda dengan kura – kura darat. Inilah yang membuat mereka menjadi lebih rentan akan predator.

2.Penyu Betina Kembali ke Pantai yang Sama untuk Bertelur

Sebagian besar hidup penyu mereka habiskan di lautan, namun ketika bertelur mereka akan pergi ke pantai untuk menguburkan telurnya di pasir yang hangat. Selama musim bertelur, betina akan kembali ke pantai yang sama di mana ia menetas. Bahkan jika sudah 30 tahun lamanya ia meninggalkan pantai tersebut, nantinya ia akan tetap kembali ke sana.

Mereka meletakkan telurnya pada lubang pasir dan tempat mereka menguburkannya akan sulit untuk dikenali karena ditutup dengan lapisan pasir tambahan. Satu penyu bisa menghasilkan 60 – 200 telur, tergantung dengan spesiesnya.

3.Jenis Kelamin Tergantung Suhu Telur

Suhu telur sangat menentukan jenis kelamin dari penyu yang akan menetas. Untuk telur yang berada pada suhu tinggi, maka nantinya akan menghasilkan bayi penyu betina. Sedangkan untuk telur yang memiliki suhu rendah akan menghasilkan bayi penyu jantan.

Penyu muda ini menetas pada malam hari dan memanfaatkan cahaya bulan untuk bisa menuju laut. Terlalu banyak cahaya di pantai bisa menyebabkan kebingungan untuk para bayi penyu.

4.Penyu Bisa Menempuh Jarak Jauh

Penyu merupakan reptil yang berjalan lambat ketika berada di darat karena sirip mereka lebih beradaptasi untuk berenang. Namun ketika berada di laut, mereka merupakan perenang yang handal. Bahkan para penyu dapat melalui jarak jauh, salah satunya penyu belimbing yang bisa berenang hingga 19.000 km, sana seperti jarak antara Indonesia dengan Oregon, Amerika Serikat.

5.Mampu Menyesuaikan Makanan

Penyu memang tidak memiliki gigi, namun mulut mereka dapat membantunya beradaptasi dengan setiap jenis makanan yang biasa mereka makan. Pada penyu hijau, mereka adalah jenis penyu vegetarian yang memakan rumput laut, sedangkan untuk penyu lain mereka biasa memakan kepiting, kerang, ubur – ubur, dan timun laut.

Namun sayangnya, terkadang penyu salah mengira plastik yang mengambang di lautan merupakan ubur – ubur. Inilah yang bisa membunuh penyu dan menyebabkan keberadaannya semakin terancam.

6.Ukuran Penyu Tergantung Spesies

Hewan ini memiliki paru – paru untuk bernapas dengan oksigen meski menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air, namun terkadang mereka butuh untuk muncul ke permukaan agar dapat bernapas.

Ukuran masing – masing spesies Penyu beragam, seperti penyu Kemp’s Ridley yang bobotnya dapat mencapai 35-45 kg, sementara pada penyu belimbing bobotnya dapat lebih dari 100 kg. Penyu dapat hidup hingga 70-80 tahun, bahkan bisa juga mencapai 150 tahun.

Itulah fakta mengenai penyu yang wajib untuk diketahui, semoga dengan mengetahui fakta unik penyu ini akan menggerakkan kamu dalam membantu ekosistem keberadaan penyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *