5 Fakta Mengejutkan Tentang Laut Mati

5 Fakta Mengejutkan Tentang Laut Mati

Laut mati merupakan suatu keajaiban yang fenomenal hingga menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, laut ini memiliki kadar garam yang sangat tinggi sehingga bisa membuat benda apapun mengapung termasuk manusia.

Namun, tidak banyak fakta yang diketahui mengenai laut mati ini. Orang-orang umumnya hanya tahu bahwa laut ini tida memiliki kehidupan apapn, baik itu hewan maupun tumbuhan laut.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu mengenai kebenaran laut mati, yuk simak ringkasannya dibawah ini.

5 Fakta Laut Mati Yang Jarang Diketahui

Laut mati atau yang lebih dikenal dengan “The Dead Sea” merupakan salah satu ikon wisata Yordania yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Makanya, tak heran laut ini begitu populer dan membuat orang berbondong-bondong untuk datang. Sejarahnya yang lekat dengan kosah para Nabi juga membuat laut ini semakin menarik.

Namanya mungkin terdengan menyeramkan dan menakutkan. Namun faktanya, tempat ini justru menyimpan banyak hal menarik untuk dipelajari.

1.Nama

Nama laut mati berasal dari bahasa Ibrani, Yam Ha Maved yang berarti “laut pembunuh” sedangkan dalam bahasa arab laut ini disebut sebagai Bahrul Mayyit yang artinya “laut mati”.

Dinamakan laut mati karena luasnya yang mencapai panjang 67 km, lebar 17 km, dan luas permukaan 810 meter persegi seperti laut pada umumnya.

Meski luas, namun laut ini tidak memiliki kehidupan di dalam atau di sekitar danau tersebut, baik flora maupun fauna. Kadar garamnya yang terlalu tinggi membuat makhluk hidup sulit bertahan disana.

2.Bukan Sebuah Laut

Laut mati diketahui ternyata merupakan sebuah danau karena terletak pada daratan. Laut ini berlokasi pada titik terendah di permukaan bumi.

Laut mati menjadi sangat fenomenal karena airnya dapat membuat semua benda mengapung dan tidak tenggelam.

3.Tempat Terendah di Dunia

Laut mati merupaka tempa terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter dpl atau 1300 kaki di bawah permukaan laut.

Letaknya sendiri berada di atas sebuah lembah di antara perbatasan wilayah Israel, Palestina, dan Yordania.

4.Baik Bagi Kesehatan Kulit

Air dan lumpur yang berada di laut mati ternyata memiliki manfaat terutama kesehatan kulit. Ini karena garam di laut mati sangat pahit dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal hingga jerawat.

Sementara, lumpur laut mati merupakan lumpur hitam yang mengandung magnesium, natrium, kalium, dan kalsium yang juga angat baik untuk kesehatan kulit.

Makanya, gak heran banyak orang yang datang kesini lalu mengoles tubuhnya dengan lumpur dan membiarkannya kering sebelum akhirnya dibilas dengan air garam dari laut mati.

5.Hati-Hati Walau Tidak Tenggelam

Memang berada di laut mati tidak akan membuatmu tenggelam. Namun, kalian tetap harus berhati-hari saat berada di sini.

Saat berkunjung ke laut mati dan ingin mengambang, pastikan kalian tetap berada dalam posisi terlentang dengan wajah menghadap langit.

Jangan sampai kalian berada dalam posisi tengkurap dengan wajah menghadap air karena sangat berbahaya.

Kepadatan di laut mati membuat segala jenis gerakan menjadi sulit. Sekali tengkurap dengan wajah menghadap air, maka kalian akan sulit untuk membalikkan badan.

Akibatnya, kalian akan meminum air yang sangat asin dalam jumlah banyak dan itu akan mengganggu ginjal dan jantung, bahkan bisa membuatnya berhenti.

Itulah 5 fakta menari mengenai laut mati yang seringkali dijadikan sebagai objek wisata. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dimanapun kalian berada ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *