10 Monster Laut Raksasa Yang Mengerikan

monster laut

Lautan memang menyimpan banyak sekali misteri. Tempat ini juga menyimpan banyak makhluk yang mungkin tidak diketahui asalnya.

Ada banyak juga penghuni laut yang telah diketahui dan memang menyeramkan. Namun, kalau lautan di masa prasejarah, mungkin belum banyak yang tahu.

Apakah laut tersebut sama mengerikan dan menakjubkan seperti dinosaurus di daratan atau tidak?

10 Monster Laut Raksasa Sejak Prasejarah

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya tentang keeksistensian makhluk ini. Karena itu, yuk simak informasi dibawah biar pengetahuanmu meluas.

1.Megalodon

Diperkirakan Megalodon memiliki ukuran sampai 20 meter. Ukuran rahangnya saja mungkin sudah cukup untuk menelan manusia dewasa dengan mudah.

Sayangnya, hewan ini diperkirakan telah punah sejak 2,6 juta tahun yang lalu dimana ini merupakan pertama kalinya manusia pertama hadir di bumi.

Pada masanya, megalodon dipercaya memburu paus dengan menyobek ekor dan siripnya. Kepunahan megalodon lah yang diyakini membuat paus sekarang bisa mencapai ukuran luar biasa.

2.Dunkleosteus

Ikan purba yang hidup pada 400  juta tahun lalu ini diyakini memiliki gigitan terkuat bahkan mampu menyaingi Tyrannosaurus rex.

Hewan ini merupakan salah satu predator terbesar yang ada di puncak rantai makanan. Mereka bahkan bisa memangsa hiu.

Hewan ini punya panjang sampai 10 meter dengan sisik seperti baju besi tebal.

3.Helicoprion

Helicoprion merupakan salah satu jenis hiu yang unik. Dari fosil ditemukan bahwa hewan ini memiliki satu set gigi spiral.

Hiu yang ada pada 300 juta tahun lalu ini kemungkinan harus mengganti giginya secara teratur. Ada juga perdebatan yang menyebutkan bahwa mulutnya seperti gergaji atau bisa jadi gigi spiralnya itu berada di dalam tenggorokannya.

4.Mosasaurus

Reptil raksasa laut ini kemungkinan menelan sebagian besar mangsa mereka atau menggigit dan memotongnya terlebih dahulu sesuai dengan ukuran gigi mereka.

Hewan ini merupakan salah satu  hewan laut terbesar di era Kapur. Panjangnya bisa sampai 15 meter bahkan bisa memakan hiu.

5.Liopleurodon

Sama seperti mosasaurus, liopleurodon juga merupakan reptile raksasa yang hidup di laut. Ia merupakan predator paling kejam pada periode Jurassic.

Monster laut ini bahkan punya panjang 9 meter dengan gigi besar untuk memangsa. Diperkirakan, reptile ini mampu berenang sangat cepat dan memiliki penciuman tajam untuk mencari mangsa.

6.Jaekelopterus

Hewan ini termasuk pemangsa puncak yang hidup 400 juta tahun lalu. Ia punya ukuran lebih dari 2,4 meter. Hewan ini menyergap mangsanya dengan cakar sebelum mencabiknya.

Jaekelopterus merupakan spesies arthropoda terbesar yang memangsa serangga, arakhnida, lobster, dan kepiting.

7.Tylosaurus

Tylosaurus merupakan salah satu spesies dari Mosasaurus yang merupakan kadal laut raksasa. Ukurannya bahkan bisa mencapai 15 meter.

Tylosaurus merupakan penguasa laut di akhir era Kapur terutama di lautan Amerika Utara. Makanannya adalah ikan, hiu, kadal laut yang lebih kecil, reptile laut kecil, bahkan burung yang ada di atas laut.

8.Nothosaurus

Nothosaurus merupakan hewan laut yang ukurannya hanya 4 meter namun merupakan predator yang sangat agresif.

Giginya berbentuk tajam dan panjang yang memungkinkan untuk mencabik ikan dan cumi-cumi sebagai mangsanya.

Makhluk ini memiliki figure seperti reptile dan menyergap musuhnya secara diam-diam. Makhluk ini dipercaya merupakan relasi terdekat dari pliosaurus yang merupakan dino laut yang hidup di era Triassic pada 200 juta tahun lalu.

9.Thalassomedon

Makhluk ini adalah salah satu spesies dari Pliosaur yang memiliki julukan si  Raja Laut. Ukuranny bahkan bisa mencapai 12 meter.

Ukuran siripnya  masing-masing sebesar 2 meter. Sirip inilah yang membantunya berenang di dalam laut secara efisien untuk memangsa.

10.Livyatan Melvillei

Spesies ini merupakan spesies paus sperma yang memangsa paus balin. Makhluk ini hidup 12 – 13 juta tahun yang lalu.

Ia diperkirakan berukuran sebesar paus sperma modern dan memangsa cumi-cumi besar. Ia memangsa dengan cara menggigit dan menyobek mangsanya.

Itulah 10 raksasa laut yang pernah menghiasi lautan pada zaman prasejarah. Seram ya! semoga artikel  ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *